Minggu, 16 Juli 2017

Ayo Menabung!

Buku Rekening

Menabung itu awalnya dipaksakan, tapi seiring berjalannya waktu tentu saja pemikiran kita akan berubah. Kini tidak lagi menabung karena terpaksa atau dipaksa, melainkan menabung adalah kebutuhan kita. Dengan menabung rutin berarti kita bisa memecahkan masalah keuangan ketika genting.

Apakah yang bisa kita tabung? Kita bisa menabung dalam bentuk uang, tanah, perhiasan atau emas.

Di manakah tempat untuk menabung (menyimpan uang dan perhiasan)? Pada umumnya, kita menabung uang di rumah atau bank. Kalau untuk menabung perhiasan, selain di rumah, tempat untuk menabung perhiasan adalah pegadaian. Ternyata, sekarang ada juga bank yang melayani untuk menabung emas.
 
Nabung uang receh


Kalau bisa, segala macam transaksi kita bebas dari riba. Oleh sebab itu, sebelum menabung di suatu tempat baik dalam rupiah (uang) maupun emas, kita harus tahu ada riba atau tidak dalam transaksi tersebut. Sebagai muslim, kita harus menjauhi riba.

Bagaimanapun, menabung memang kita perlukan dan harus kita lakukan. Kalau kita belum memiliki tabungan sama sekali, mari kita awali saat ini dengan menabung uang recehan. Insya Allah, tabungan kita bermanfaat.

Selamat menabung.