Rabu, 17 Oktober 2018

TIPS BERBELANJA SAMBIL MENEBAR KEBAIKAN


Beberapa waktu yang lalu, suami memesan konsumsi di suatu tempat untuk keperluan pertemuan MGMP Olahraga. Setelah kardus saya buka, ternyata isinya “hanya semacam itu”. Satu kardus berisi kudapan tersebut, harganya Rp. 7.000,00. Saya minta izin pada suami, pertemuan yang akan datang pesan saja di tempat saudara. Mungkin harganya sama, tapi isinya lebih baik sedikit.

Menurut saya, sama-sama mengeluarkan sejumlah uang, lebih baik kalau keuntungan diberikan pada saudara daripada orang lain. Saya melakukan ini karena juga sering dipercaya orang dengan pertimbangan “nepotisme”. Nepotisme positif dan menguntungkan ini tentu tidak dilarang.

Demikian juga bila berbelanja kebutuhan sehari-hari. Daripada berbelanja di toko besar dengan harga sedikit miring, lebih baik berbelanja di warung saudara atau tetangga meskipun harganya ada sedikit perbedaan. Sama-sama memberikan keuntungan, lebih baik bila keuntungan tersebut jatuh pada orang terdekat dengan kita.

Sudah bukan saatnya lagi berbelanja dengan memburu tempat yang memberikan harga murah. Sekarang saatnya berbelanja dengan tujuan memberikan keuntungan pada orang dekat dengan kita, bisa tetangga atau kerabat kita.

Jangan merasa berat membayar sedikit mahal atas barang belanjaan. Semoga sedikit keuntungan yang kita berikan membawa keberkahan. Berbelanja di tempat saudara atau tetangga akan memberikan nilai kebaikan dan silaturahmi.