Rabu, 21 Juni 2017

Tips Agar Bisa Menulis Secara Konsisten

Guru juga penulis
dok.pri

Menulis, bisa dilakukan kapan saja, di mana saja dan dalam kondisi apa saja. Adanya gadget memungkinkan kita bisa menulis tanpa harus duduk di ruang kerja. Kalau kita sudah percaya diri dengan sebutan penulis maka kita memiliki konsekuensi mampu menjaga konsistensi untuk menulis.
Kesibukan, kadang-kadang menjadi alasan mengapa kita tidak menulis. Sebenarnya menjaga agar kita konsisten bisa menulis itu mudah. Kita hanya perlu memperkecil target-target besar yang harus kita capai. Sebagian besar (terutama penulis pemula) ingin mencapai target yang besar, tapi sayang keinginan yang menggebu-gebu tersebut ingin secepatnya diraih. Kalau target tidak dapat tercapai, maka timbul kejenuhan/bosan/kecewa dan meninggalkan kegiatan positif tersebut.
Ada tips agar bisa menulis secara konsisten, di antaranya:
1.      Buatlah agenda harian untuk menulis
2.      Menulislah tentang sesuatu yang ringan
3.      Batasi menulis kita dengan menulis beberapa menit, menulis beberapa paragraph atau menulis beberapa kata.
Dengan batasan yang ringan ini, insya Allah tidak memberatkan kita dan kita meiliki rasa sayang kalau melewatkan satu hari tanpa menulis.
Masih tidak mau menulis pada hari ini dengan alasan yang hanya dibuat-buat? Jangan tunda-tunda lagi, menulislah hari ini. Hari ini menulis, hari ini berbagi manfaat. Kita boleh miskin materi, tapi kita tetap bisa berbagi dengan tulisan.
Karanganyar, 21 Juni 2017