Jumat, 15 September 2017

Cara Mengempukkan Daging Secara Alami

Agar daging yang akan kita konsumsi menjadi empuk, ada beberapa langkah yang bisa kita tempuh. Langkah-langkah tersebut adalah:
1.    Daging dilumuri air nanas
Ambil satu potong buah nanas yang sudah bersih. Parut buah nanas lalu air dan ampasnya dilumurkan pada daging sapi/kambing yang sudah dipotong sesuai selera. Diamkan selama 15 menit. Setelah itu daging bisa diolah sesuai keinginan.

2.    Daging dibungkus atau ditutup dengan daun pepaya
Ambil daun pepaya lalu remas tapi tidak perlu sampai robek-robek. Taruh daun pepaya di atas wadah sebagai alas. Siapkan daging yang sudah dipotong sesuai selera. Taruh daging di atas daun pepaya, lalu tutup dengan daun pepaya lainnya. Diamkan hingga 30 menit.

Setelah 30 menit, ambil daun-daun pepaya tersebut lalu singkirkan. Langkah selanjutnya adalah masak daging sesuai selera. Ada catatan kecil agar tidak salah persepsi: daun pepaya tidak ikut dimasak. Daun pepaya hanya untuk membungkus saja.  Daun pepaya mengandung enzim papain yang bermanfaat untuk melunakkan daging sehingga daging menjadi empuk. Apabila daun pepaya ikut dimasak maka masakan akan terasa pahit.

3.    Tusuk sate ditusukkan ke dalam buah pepaya muda
Sate kambing/sapi yang empuk adalah kesukaan tiap orang. Agar sate yang akan kita konsumsi bisa empuk, ada cara alami untuk mengempukkan daging. Agar sate kambing/sapi empuk, mula-mula tusuk sate ditusukkan ke dalam buah pepaya muda. Diamkan selama kurleb 15 menit, tusuk sate .siap digunakan untuk membuat sate.
Buah pepaya muda juga mengandung enzim papain.

Ambil tusuk sate dari buah pepaya muda. Setelah itu tusuk sate digunakan untuk membuat sate. Daging ditusukkan pada tusuk sate. Dijamin, daging kambing dan sapi akan empuk.

Selamat mencoba, semoga berhasil.