Kamis, 10 Juli 2014

Percaya Diri Menjadi Wirausahawan



PERCAYA DIRI MENJADI WIRAUSAHAWAN
Beberapa orang yang pernah saya jumpai merasa lebih nyaman menjadi wirausahawan. Dari segi banyak hal mereka mengatakan nyaman dan fleksibel. Dari segi penghasilan mereka juga aman. Akan tetapi saya heran, dari mereka tidak banyak yang membanggakan usahanya. Bukan karena “merendah” tapi karena tidak percaya diri.
Sebut saja Pak Sar, beliau sukses menjadi petani padi dan polowijo. Tapi kalau berbincang-bincang dengan orang beliau sering mengatakan sebagai pengangguran. Atau Mbak Wati yang sukses dengan usahanya, tapi tidak pernah terus terang dengan pekerjaannya. Dia juga menyebut dirinya sebagai pengangguran.
Dari dua contoh kawan saya, saya menilai mereka kurang percaya diri menyebut dirinya sebagai wirausahawan. Padahal bila mereka menyebutkan usahanya berwirausaha, saya yakin banyak orang akan mencontoh langkahnya berwirausaha dan berhasil. Percaya diri mereka akan membuat orang lain juga percaya diri dengan usaha yang dilakukan meskipun hanya berada di rumah.
Lain halnya Mas Heru, orang yang berjualan nasi “warung hiks”. Dia bangga mengatakan berjualan wedang dan nasi kucing. Omzetnya semalam lumayan, buat menghidupi anak isteri, menyekolahkan anak dan menabung. Dengan pengakuan Mas Heru, ada beberapa orang yang ingin mengikuti “langkahnya” berjualan nasi teri/nasi bandeng/nasi oseng yang harganya per bungkus Rp. 1.500,00.
Ada juga seorang kawan yang bangga dengan kerja sampingannya sebagai penulis. Kata beliau, dengan menulis beliau mendapatkan rupiah. Tanpa keluar rumah meninggalkan keluarga, beliau menghasilkan uang. Dari cerita ini, saya juga jadi ingin menjadi wirausahawan tanpa meninggalkan keluarga. Bekerja di rumah, menghasilkan rupiah dan bisa eksis.
Meskipun belum seberapa usaha saya, saya selalu membanggakan apa yang sudah saya dapatkan. Motivasi saya selain agar saya lebih percaya diri, saya mendapatkan teman yang mungkin sehati. Dan bisa mengajak orang lain percaya diri dengan usahanya, menjadi wirausahawan.
Penting sekali berbangga hati dan percaya diri menjadi wirausahawan, yang memiliki kantor di rumah sendiri. Bangga menjadi wirausahawan yang bisa menggaji dirinya sendiri bahkan mungkin menggaji karyawan atau orang lain. (Selesai)
Karanganyar, 10 Juli 2014