Selasa, 21 Juni 2016

Mari Menabung Emas di Pegadaian

Buku Tabungan Emas
dok.pri
Mengapa mengajak menabung emas di pegadaian? Wah, jangan-jangan saya promosi karena dapat bonus kalau berhasil membawa satu atau beberapa orang nasabah? Ah, tidak juga. Jangan berprasangka yang bukan-bukan. Tapi, mengapa saya tidak mengajak menabung emas terserah tempatnya mau di mana? Ya, karena saya memiliki alasan tertentu yang mungkin menguntungkan kita kalau menabung emas di pegadaian. Mau tahu alasan saya?


Pertama, ringan. Karena kita bisa menabung dengan cara mencicil (menabung) dengan tabungan mulai enam ribuan rupiah saja. Dengan enam ribuan rupiah kita bisa mendapatkan 0,01 gram emas (lebih sedikit). Coba kalau kita ke toko emas, apa mungkin dengan uang enam ribuan kita bisa membawa pulang emas? Setahu saya, yang ada di toko emas entah itu bentuk perhiasan atau keping, berat emasnya pasti lebih dari 0,01 gram. Dengan demikian, kita harus membawa uang dalam jumlah banyak bukan?

Kedua kadar emas 24 karat. Memang di toko emas juga ada keping emas dengan kadar 24 karat, tapi kita harus membeli minimal dengan berat yang sudah ada di toko. Kalau untuk perhiasan kadar emasnya bervariasi. Sebagian besar kadar emas perhiasan di bawah 90%.

Ketiga emas bersertifikat PT ANTAM, sekarang pegadaian juga menegeluarkan Merk Pegadaian.

Keempat bisa dijual kembali mulai 1 gram dengan harga kompetitif. Kita bisa menjual emas kapan pun. Prosesnya cepat, seperti saat kita menabung.

Kelima aman. Menabung emas di pegadaian, jelas dijamin keamanannya. Bandingkan bila kita memiliki emas berada di rumah, resiko tetap ada.

Keenam sebagai dana pensiun. Tidak semua orang bekerja sebagai pegawai. Dengan demikian tidak semua orang memiliki dana pensiun di hari tua. Kalau mulai sekarang kita menabung emas dengan jumlah kecil, rutin setiap bulan, maka beberapa tahun yang akan datang kita akan mendapatkan keuntungan. Harga emas cenderung naik. Untuk jangka panjang, tabungan emas bisa digunakan sebagai dana pensiun.

[Saya bukan pegawai, maka saya ingin memiliki dana pensiun ketika saya tak mengajar lagi. Saya sisihkan uang yang saya miliki untuk menabung emas, agar bisa saya gunakan ketika saya sudah tidak bekerja lagi]


Anda tertarik menabung emas, dan bingung karena memiliki dana terbatas? Mari menabung emas di pegadaian.