Rabu, 13 Juli 2016

Kecelakaan Menuju Candi Cetho, Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah #13

Candi Cetho
dok.pri
Kecelakaan Menuju Candi Cetho,  Kec. Jenawi, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah #13
Beberapa waktu yang lalu, sebelum bulan Ramadan, saya pernah memosting tulisan tentang Candi Cetho (Ceto). Sengaja saya menuliskan pengalaman yang benar-benar bisa saya ceritakan dengan apa adanya. Apa yang saya tuliskan murni untuk berbagi, tidak memiliki tujuan apa pun selainnya.
Kalau kemudian ada orang yang bisa mengambil manfaat dari “reportase” saya, saya benar-benar bersyukur. Memang, bila menuliskan perjalanan, saya ingin menceritakan secara detail. Agar orang yang membaca tulisan saya, bila akan membuktikan apa yang saya tulis tidak merasa kecewa.
Baca juga: 
Candi Cetho, terletak di Kecamatan Jenawi. Saya menulis tempat tertinggi di Karanganyar, walau sebenarnya masih ada yang lebih tinggi lagi yaitu Tawangmangu (kata orang). Tapi saya berani mengatakan tempat tertinggi (Candi Cetho) karena medannya yang lebih ekstrem dibandingkan kita ke Tawangmangu.
Untuk menuju Candi Cetho, kita harus mempersiapkan kendaraan yang kita pakai dalam keadaan baik. Sehingga melewati tanjakan yang kemiringannya mencapai 45 derajat (busur, mana busur), semua bisa berjalan dengan sukses. Yang saya lihat dahulu, setiap mobil yang akan parkir (posisi menanjak) pasti sudah ada orang berjaga-jaga dengan kayu untuk mengganjal ban mobil. Tujuannya agar mobil tidak “menggelondor” mundur tak terkendali.
Kemarin, tanggal 12 Juli 2016, ada mobil yang mengalami “menggelondor” mundur setelah tak mampu mempertahankan posisinya. Sebenarnya mobil tersebut akan maju (berjalan dengan posisi naik tanjakan). Rupanya mobil tidak berhasil maju, malah mundur tak terkendali. Akhirnya terjadi kecelakaan tunggal. Dua orang penumpang mobil dinyatakan meninggal dunia dan penumpang lain ada yang mengalami luka berat.
Mungkin pengendara mobil belum tahu medannya. Kecelakaan bisa saja terjadi dikarenakan di luar dugaan pengendara. Tetapi yang jelas semua sudah takdir Yang Mahakuasa, yang tak bisa dihindari.
Semoga kejadian ini cukup hanya sekali ini saja. Bagi siapa saja yang akan bepergian/mengunjungi Candi Sukuh dan Candi Cetho sebaiknya pelajari medan dengan banyak-banyak mencari informasi. Sekarang semuanya mudah, untuk mencari info tinggal minta tolong mbah Gugel, semuanya akan beres.
Semoga bermanfaat. Semangat menulis.
Karanganyar, 13 Juli 2016