Kamis, 07 Juli 2016

Tips mengunjungi Hutan Pinus di Imogiri #7

Pohon Pinus
dok.pri
Tips mengunjungi Hutan Pinus di Imogiri

Imogiri, tidak hanya dikenal dengan Makam Raja-raja dan gurah saja. Sekarang Imogiri juga dikenal obyek wisata alamnya yang lumayan sejuk. Terletak di desa Mangunan, kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, DIY. Ya, hutan pinus.

Meskipun terletak di kecamatan Dlingo, tetapi orang menyebut tempat wisata Hutan Pinus adalah Imogiri. Hal ini dikarenakan Hutan Pinus terletak di atas Makam raja-raja Imogiri. Bila ingin ke Imogiri, dari Ring road selatan dilanjutkan ke Jalan Parangtritis. Sebelum arah ke Makam Raja-raja belok ke kanan.
Tempat Parkir Nyaman
dok.pri
Tempat wisata di Kabupaten Bantul selain pantai, sebenarnya masih banyak lagi. Bagi yang tak suka dengan air, Hutan Pinus bisa dimasukkan daftar tempat wisata yang perlu dikunjungi. Anda pingin berwisata alam yang tak banyak merogoh kantong, pilihannya adalah Hutan Pinus. Hutan Pinus merupakan salah satu obyek wisata, di mana tempatnya mudah dijangkau.

Untuk memasuki kawasan Hutan Pinus, kita tak dipungut biaya masuk dengan tiket. Bila membawa kendaraan cukup mengeluarkan uang untuk biaya parkir.
Nostalgia
dok.pri
Kalau sudah jalan-jalan di Hutan Pinus, bisa dilanjutkan berziarah ke Makam Raja-raja. Nah, kuliner di sekitar makam harganya sangat terjangkau. Ada pecel, tempe kara, thiwul ayu dan wedang uwuh.
Sendiri
dok.pri
Ada beberapa tips saat kita mengunjungi Hutan Pinus Imogiri, yaitu:
1.      Sebaiknya membawa kendaraan pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang akan mengantarkan sampai lokasi/tempat tujuan
2.      Sebaiknya membawa bekal makanan dan minuman sendiri, sebab di sekitar tempat wisata belum ada pedagang yang menyediakan makanan/minuman secara komplit. [Malah mungkin belum ada pedagang yang menjajakan dagangannya di sekitar obyek wisata]
3.      Jangan membuang sampah sembarangan
4.      [penting] JANGAN MENYALAKAN API karena Hutan Pinus merupakan kawasan yang mudah terbakar

Mumpung libur lebaran masih beberapa hari lagi, bagi yang sudah mukim di Yogya, jangan lupa ke Hutan Pinus Imogiri. Pemandangannya sungguh eksotis.


Yogyakarta, 7 Juli 2016