Selasa, 21 Mei 2019

7 Harapan Selama Ramadan 1440 H/2019 M



Ramadan 2019 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Bila tahun sebelumnya aku disibukkan mengajar di sekolah, membimbing dua anak beribadah puasa di rumah, tapi tahun ini tidak lagi. Sudah hampir satu tahun aku tidak lagi mengajar di sekolah. Tiga bulan terakhir aku hanya beberapa hari mengajar privat di bimbingan belajar. Waktu luangku banyak. Aku bisa memperbanyak melakukan ibadah dan kegiatan positif lainnya baik di rumah maupun di luar. Kebetulan anak pertamaku kuliah di luar kota sehingga sekarang aku hanya fokus membersamai si kecil dalam beraktivitas termasuk latihan berpuasa. 
Selama bergabung mengajar di bimbingan belajar, banyak hikmah yang aku dapatkan. Di bimbingan belajar ini tiap hari Jumat sebagian tentor mengikuti kegiatan Liqo dan tahsin. Sebagian lagi mengikuti Liqo dan tahsin pada hari yang lain. Liqo merupakan kegiatan berupa tilawah quran, tausyiah, penyampaian berita terkini dan sharing ilmu agama. Kegiatan tahsin di sini merupakan kegiatan belajar membaca quran dengan metode Ummi.
Beberapa minggu sebelum Ramadan, kami para tentor selalu diingatkan oleh guru yang mengisi kegiatan Liqo untuk melunasi utang puasa di bulan Ramadan tahun lalu. Selain itu, kami juga diberi motivasi agar Ramadan tahun 2019 lebih baik dari Ramadan sebelumnya dengan cara memperbanyak sedekah, membaca quran, maupun melakukan ibadah lainnya.
Bagiku waktu luang yang lebih banyak ini bisa untuk mempertebal iman. Banyak hal yang bisa aku lakukan di rumah dan bernilai pahala saat bulan Ramadan. Selama bulan Ramadan 2019 ini, aku berharap bisa lebih baik. Ada beberapa hal yang kuharapkan Ramadan 2019 ini, di antaranya adalah:
1.      Allah memberikan kesehatan bagi keluarga
Ramadan 2019 ini pada siang hari terasa terik dan sore berpotensi hujan. Hari pertama setelah berbuka puasa, hujan cukup deras mengguyur di sekitar kampungku. Cuaca yang tak menentu ini bisa menurunkan stamina selama berpuasa, maka aku mohon pada Allah untuk memberikan kesehatan bagi keluargaku selama menjalankan ibadah puasa. Sore tadi putriku yang tinggal di luar kota mengabarkan kalau baru mengalami batuk dan pilek. Semoga tetap lancar puasanya.

2.      Allah menitipkan rezeki yang lebih berkah
Semoga Allah menitipkan rezeki yang cukup dan lebih berkah selama Ramadan 2019 ini. Rezeki yang bisa kami keluarkan kembali sesuai dengan yang kami alokasikan. Aku juga tidak akan menahan-nahan rezeki yang memang merupakan hak orang lain.

3.      Mudah melakukan ibadah puasa
Harapanku, aku sekeluarga  bisa melakukan ibadah puasa dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti, bisa makan sahur, siang hari bisa berhasil melawan godaan, seperti mengendalikan hawa nafsu, marah, emosi dan hal tak penting lainnya. Malam hari bisa berbuka meski dengan menu ala kadarnya dan tidak berlebihan.

4.      Ringan bersedekah
Aku berharap selama Ramadan 2019 ini bisa bersedekah berupa materi dan non materi. Sekali tempo bisa memberikan takjil untuk berbuka puasa bagi anak-anak TPA di masjid terdekat, memberikan buka puasa bagi kenalan, tetangga atau siapa saja, memberikan bingkisan kepada mereka yang kurang mampu.
Pada bulan Ramadan ini, aku juga ingin tetap bisa menyampaikan ilmu pengetahuan yakni pelajaran dan sedikit ilmu agama yang telah kuperoleh. Selain itu, sebagai penulis aku juga tetap bisa menyampaikan sesuatu yang bermanfaat meski hanya sedikit dengan menulis di media sosial. Yang tidak kalah penting adalah selalu berbuat baik pada orang lain.

5.      Ringan bertilawah quran
Kini waktuku di rumah banyak. Aku bisa setiap saat membaca quran. Targetku adalah sehari satu juz dan bisa khatam quran selama sebulan. Bila tidak bisa semalam membaca satu juz, maka kuusahakan untuk membaca beberapa halaman setelah selesai salat wajib.  Selain membaca quran, semoga bisa menambah hafalan surat-surat pada juz 30.

6.      Salat tarawih dan salat malam terjaga
Salat tarawih adalah salat sunah yang dikerjakan pada malam hari saat bulan Ramadan. Seperti tahun sebelumnya, aku juga melaksanakan salat tarawih secara rutin, hanya saja harapanku kali ini adalah surat yang kubaca lebih banyak lagi karena hafalan suratku semakin banyak. Bila bangun pada malam hari, aku berharap bisa menjalankan salat tahajud.

7.      Melakukan ibadah dengan konsisten dan istikamah
Menjadi konsistensi dan tetap istikamah dalam menjalankan ibadah ternyata tidak gampang. Namun, semua itu tetap bisa dilakukan asal aku memiliki niat yang kuat. Yang penting aku melakukan semua itu tidak hanya bersemangat di depan dan bosan setelah itu. Untuk itu aku akan melakukan rutinitas itu sedikit demi sedikit dan mengerjakan dengan ringan tanpa beban agar terjaga ibadah yang telah aku lakukan.

Aku berharap bisa melakukan ibadah selama Ramadan 2019 dengan baik dengan istikamah. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada kami sekeluarga.

Sumber bacaan: www.kompasiana.com/noerimakaltsum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar