Senin, 25 April 2022

Berita Gembira Kesempatan Naik Haji Tahun 2022

 


Berita gembira ini sangat dinantikan para jemaah haji kuota tahun 2020. Seharusnya tahun 2020 calon jemaah haji berangkat ke tanah suci untuk melaksanakan rukun Islam kelima. Apa boleh buat, takdir berkata lain. Oleh karena pandemi covid 19, tahun 2020 dan 2021 pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah jemaah haji.


Tahun 2022 ini pemerintah Arab Saudi membuka untuk umum  jemaah haji secara keseluruhan sebanyak satu juta orang. Jumlah ini lebih sedikit dibandingkan dengan kuota tahun 2019. Indonesia diberikan kuota 100.051. Itu artinya hampir 50% dari kuota tahun 2019.


Namun demikian tetap perlu disyukuri. Masih ada kesempatan untuk berangkat ke tanah suci dengan syarat dan ketentuan diberlakukan. Salah satu syaratnya adalah usia tidak melebihi 65 tahun. Artinya bagi calon jemaah haji yang berusia 65 tahun ke atas, tahun 2022 ini belum bisa berangkat. 


Kuota terbatas, usia dibatasi, padahal jemaah yang berada pada posisi "menunggu" tahun 2020 panjang sekali. Daftar jemaah yang akan berangkat tahun 2022 ini berdasarkan nomor urut porsi (sesuai pendaftaran). 


Kabupaten Karanganyar akan memberangkatkan 423 calon jemaah haji dan 77 cadangan. Kebetulan saya dan suami masuk daftar cadangan dengan nomor urut 52 dan 53. Saya dan suami betharap tahun ini bisa berangkat. Menurut pantauan kami ada beberapa orang calhaj urung berangkat tahun ini karena pasangannya belum bisa berangkat mengingat usianya sudah di atas 65 tahun.


Bagi saya, takdir Allah itulah yang terbaik. Kalau belum bisa berangkat tahun ini, artinya saya dan suami belum dipanggil. Calon jemaah haji yang belum dipanggil juga banyak. Jadi, temannya banyak dan diminta untuk bersabar.


Meskipun belum tahu kepastiannya berangkat ke tanah suci atau tidak, saya dan suami besok pagi tetap menjalani medical cek up untuk mengetahui kondisi kesehatan badan kami secara keseluruhan. 


Semoga Allah memberi umur panjang dan menitipkan kesehatan sehingga saya dan suami bisa ke tanah suci. Amin.

1 komentar:

  1. This short video offers you tricks to win more with well-liked online slots. You’re off to a great start whenever you play real money video games with excessive RTP. Use this 온라인 카지노 video and others on our YouTube channel to come back out on high. We’ve compiled a few of our readers’ favourite titles and the web casinos where you can find them.

    BalasHapus