Sabtu, 18 Juni 2022

ANAK BELUM LANCAR MEMBACA DAN MENULIS

 



Hari ini (Jumat, 17 Juni 2022) saya memberi les baca tulis anak kelas 2 naik kelas 3 SD. Sebut saja Fulan. Fulan belum lancar membaca dan menulis. 2 tahun tidak pembelajaran tatap muka, jelas sangat berpengaruh pada anak SD kelas 1. Kebetulan ibu dan bapaknya Fulan juga tidak bisa mendampingi belajar membaca dan menulis.  

Sebelumnya Fulan pernah les privat membaca pada tentor tapi hanya 3 kali saja. Setelah itu berhenti. Sebetulnya sudah lama pertama kali saya bertemu Ibunya Fulan. Awalnya saya menjadi tentor privat kimia di rumah murid.   Beberapa kali ibunya Fulan (ART) membuatkan teh panas saat saya memberi les privat kimia.

Ketika bertemu ibunya Fulan, beliau bilang pada saya.

"Ibu, sebenarnya saya mau minta tolong sejak lama. Tapi baru hari ini minta bantuan pada mbak Audi untuk bilang njenengan.

Tadi Bu Guru bilang supaya Fulan dileskan soalnya belum bisa baca tulis. Katanya kelas 3 pelajarannya tambah sulit."

"Ya, Bu. Bismillah, semoga nanti lancar membaca dan dapat menulis dengan baik."

Tidak ada kata terlambat. Semoga berhasil, ya, cah bagus. 

Saya bersyukur, F2 anak saya meskipun saya anggap anaknya sulit tapi waktunya sekolah bisa membaca, menulis, dan mengikuti pelajaran dengan baik. Ketika pembelajaran daring, saya sempat dibuat emosi oleh F2. Sebab F2 malas malasan mengerjakan tugas daring. Setelah pembelajaran tatap muka, F2 semangat. 

Bagaimanapun saya pernah memiliki kekhawatiran ketika pembelajaran daring. Saya bisa mengajar privat dengan baik, sementara anak sendiri sulit untuk diarahkan. Alhamdulillah, sekarang semua baik-baik saja.  

#eksaktalesprivat #catatanimapenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar