Senin, 13 Juni 2022

Menabung Emas Sebagai Dana Pensiun


Tidak semua orang menjadi pegawai dan kelak menerima uang pensiun tiap bulan. Tidak semua orang bisa mengharapkan dana pensiun karena memang bukan pensiunan atau pasangan memiliki uang pensiun tiap bulan. 

Namun, setiap orang bisa menyiapkan dana pensiun sendiri dengan cara menabung tiap bulan dengan sejumlah uang. Besarnya tabungan bisa saja tetap (atau makin banyak) yang penting konsisten tiap bulan. Bila sudah terkumpul nanti dibelikan emas. Jadi mempersiapkan dana pensiun dengan cara menabung emas.

Sebagai contoh, harga 1 gram emas 24 karat  sebesar 1 juta rupiah (bisa lebih bisa kurang). Untuk bisa menabung emas 1 gram, kalau mampu tiap bulan menyediakan uang 1 juta rupiah. Kalau tidak, menabung 500 ribu per bulan. Bisa juga tiap bulan menabung 200 ribu rupiah. Setelah uang terkumpul selama 5 bulan  lalu dibelikan emas 1 gram. 

Sebagai saran saja, tabungan emas sebagai dana pensiun ini tidak boleh dijual bila belum jatuh tempo. Kalau ada keperluan mendesak, biasanya ingin jual harta yang dimiliki. Boleh juga dijual, asal segera dikembalikan. Ibaratnya pinjam emas milik kita sendiri. Jangan mentang-mentang tabungannya sendiri lantas tidak mengembalikan 

Saya termasuk bekerja secara freelance dan sedang mulai menabung emas. Harapannya, kelak bisa saya manfaatkan setelah masuk usia pensiun. Kalau ternyata pada masa usia pensiun keadaan ekonomi saya cukup, ya tabungan emas ditambah terus dan disimpan. Bisa digunakan untuk kebutuhan yang lain. 

Masihkah ragu untuk memulai menabung emas? Silakan  cari info tentang manfaat menabung emas. 

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar