Senin, 06 Februari 2023

Cara Membuat Handsock dari Kaos Kaki



Pakaian ihram adalah pakaian yang dikenakan saat melaksanakan ibadah haji dan umrah. Bagi kaum laki-laki mengenakan 2 lembar kain tidak berjahit. Bagi kaum perempuan, pakaian ihram adalah pakaian yang menutup aurat layaknya sedang mengerjakan salat. 

Bagi perempuan memakai pakaian disunahkan warna putih (boleh warna gelap) atasan dan bawahan, atau gamis, kerudung lebar, kaos kaki, dan yang terlihat hanya muka dan telapak tangan. Tidak boleh memakai cadar dan kaos tangan. Namun, pada saat tertentu karena alasan syar"i dan kesehatan, seperti waktu pandemi, jemaah boleh memakai masker.

Selain mengenakan gamis atau baju lengan panjang, biasanya perempuan mengenakan handsock atau sejenisnya sebagai penutup punggung tangan. Kalau mau praktis, ya tinggal beli. Selain handsock, ada juga penutup punggung tangan beruba kain.

Bagi Anda yang suka berkreasi, bisa membuat handsock dari kaos kaki panjang. Cara membuat handsock dari kaos kaki adalah sebagai berikut:

1. Siapkan sepasang kaos kaki panjang.

2. Ukurlah bagian bawah kaos kaki yang tertutup sepanjang 15-18 cm lalu diberi tanda.

3. Buatlah lubang untuk telapak tangan dengan memotong bagian bawah kaos kaki yang diberi tanda.

4. Jahitlah seluruh bagian pinggiran kaos kaki yang terpotong (tidak dijahit juga tidak mengapa).

5. Pasang tali kaos kaki bagian dalam punggung tangan untuk tempat jari tengah. Tujuannya agar handsock tidak bergeser saat dipakai.

Nah, Anda bisa membuat handsock sendiri. Dengan membuat handsock sendiri berarti Anda telah mengurangi pengeluaran. 

Selamat mencoba.


00000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar