Sabtu, 25 Februari 2023

Cara Mengatasi Salah Paham dengan Tetangga


Rumah saya berada di tengah sawah. Secara administrasi alamat di Manggeh (termasuk perumahan). Hal itu dilakukan untuk mempermudah surat-menyurat dan urusan kependudukan.

Karena di tengah sawah, ya nggak punya tetangga. Sehari-hari cuma di rumah. Kalau keluar rumah juga untuk kepentingan mendesak, misalnya mulang, belanja, pertemuan PKK dan buang sampah. 

Karena nggak punya tetangga, sesekali saya ikut gabung dengan ibu-ibu yang sedang ngobrol kala saya sedang keluar. Eh, seru juga lo. Sebab, kalau ada isu atau berita tentang tetangga, saya blas nggak mudeng.

Suatu saat saya menawarkan dagangan pada tetangga. Saya datang ke rumah tetangga. Kebetulan tetangga saya juga model ibu "rumahan". Dia curhat tentang gesekan dengan tetangga lainnya. Saya bukan tipe orang yang suka manas-manasi.

"Nggak usah diladeni. Biarkan saja, nanti juga capek sendiri."

Dia juga menceritakan kelakuan anaknya secara panjang lebar. 

"Kalau anakmu tidak manut, kerja samalah dengan suami. Tujuannya adalah agar anak merasa ada yang ditakuti. Berikan tempat agar anak betah di rumah. Kalau di rumah saja nggak betah, takutnya nanti dia mencari tempat yang salah. Sesekali masaklah makanan kesukaan anak."

Suatu saat tetangga saya ada gesekan dengan bestie-nya. Yang awalnya sepele, sekarang jadi serius. Wah, ternyata tetangga saya ini memang tipe apa-apa masuk hati. Kadang lucu juga ya. Tetangga ini curhat, tapi setiap ada masukan selalu dibantah. 

Ternyata, masalah anak membuatnya sensitif. Masalah dengan pasangan yang tidak segera diselesaikan menjadi beban pikiran. 

Hai, kamu! Bersiaplah mendengar pendapat orang bila kamu curhat. Kalau kamu sekadar mengeluarkan uneg-uneg, berarti nyampah. Ngapain kalau cuma nyampah kok orang lain kamu tarik ke dalam lingkaran yang tak jelas ujung dan pangkalnya?

Agar tak terjadi salah paham enaknya cek dan ricek, tabayun, introspeksi dan klarifikasi. Tak perlu ngotot. Santai saja, jangan emosian.


00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar