Minggu, 19 April 2015

Kopdar Bulan April 2015 IIDN-SOLO Bersama Mbak Anna Farida


Gambar 1. Senyum Ceria dalam Kebersamaan
Hari Rabu, 15 April 2015 adalah hari yang teramat istimewa bagi saya. Saya  bisa datang pada acara KOPDAR IIDN Solo, di Warung Makan Sego Wiwit Jl. Adi Sucipto, Surakarta. Padahal sebelumnya saya izin, tidak bisa datang karena tidak ada yang mengantar. Di luar dugaan, suami saya pulang lebih awal.
 Sejatinya suami mengantar anak-anak (atlet) bulu tangkis yang mengikuti POPDA tingkat provinsi. Seharusnya suami pulang dari Semarang hari Rabu, ternyata Selasa malam sudah berada di rumah. Mengapa demikian? Karena atlet yang dilatih kalah. Dua anak saya Faiq (kelas 9) dan Faiz (TK Kecil) teramat girang, tidak terlalu lama ditinggal sang ayah.
Hari Rabu, sepulang dari mengawas UN saya diantar ke WM Sego Wiwit. Di sana sudah ada beberapa ibu-ibu cantik yang menyambut. Alhamdulillah, saya bersyukur bisa bertemu dengan ibu-ibu hebat. KOPDAR kali ini IIDN Solo kedatangan tamu dari Bandung. Beliau adalah Ibu/Mbak Anna Farida.

Gambar 2. Mbak Anna Farida, pakar EYD
Mbak Anna Farida ini asli SOLORAYA yang bahasanya “medhok”. Mbak Anna sekarang tinggal di Bandung. Beliau mengawali karier di dunia penulisan sebagai penerjemah sesuai bidang keahliannya yaitu Bahasa Inggris. Beliau bergabung di IIDN (pusat) yang didirikan Mbak Indari Mastuti. Beliau merupakan salah satu guru dari Sekolah Perempuan. Mbak Anna memberi materi EYD.
Pembawaan beliau yang ramah, sederhama dan humoris membuat suasana KOPDAR menjadi hidup. Seperti biasanya KOPDAR ini heboh karena ada anak-anak. Ya, tentu saja ibu-ibu tidak bisa meninggalkan putra-putrinya begitu saja. Anak-anak pasti diajak dengan segala karakternya. Jadilah ada TK Dadakan. Kali ini jagoan saya tidak saya ajak karena sekolah dan berada di Taman Pendidikan Anak sampai sore.
Ada yang mengesankan dari hal-hal yang disampaikan Mbak Anna, yaitu kita bisa dikatakan ibu sejati/ibu yang sebenar-benarnya kalau kesibukan kita mengurus anak mampu membuat sayur gosong/hangus (wah saya banget, benar juga). Beliau juga menyampaikan dengan senyuman hangat bahwa kita dikatakan sebagai fesbuk-er sejati kalau kegiatan kita berfb-an mampu menngosongkan/menghanguskan masakan kita (saya manthuk-manthuk setuju).
Pengalaman menulis Mbak Anna ini patut saya tiru. Tentu saja ilmu yang kita dapat harus kita terapkan. Semoga kelak berguna untuk dunia akhirat.
Selain Mbak Anna, Mbak Ety juga memberi beberapa informasi tentang “ngeblog” hingga akhirnya bertemu Dewi Lestari yang menulis buku Supernova. Cerita Mbak Ety tentang makan siang, pertemuan dan bincang-bincang singkat dengan Dee membuat ibu-ibu iri banget. Perlu diketahui, Mbak Ety adalah blogger yang namanya harum dengan sering memenangkan lomba ngeblog. Selain bikin iri juga bikin kemecer.
Ada anggota baru IIDN-Solo, yaitu Ibu Tri Hardianingtyas dan Mbak Vitri Sundari. Ternyata Ibu Tri dan Mbak Vitri memiliki pengalaman menulis dengan bergabung di Sekolah Perempuan dan gurunya adalah Mbak Anna Farida. Ibu Tri Hardianingtyas adalah pustakawan (senior) di UNS Surakarta. Mbak Vitri Sundari adalah pemilik Tsabita Cake (benar tidak ini?).
Akan tetapi IIDN Solo merasa kehilangan anggota yang pindah ke Bogor, beliau adalah Mbak Avi. Sedih juga dengan perpisahan ini tapi insya Allah silaturahmi tidak akan putus sampai di sini.


Gambar 3. Mbak Avie Azahra
Setelah diskusi selesai waktunya makan siang dan shalat. Di sini keakraban kami sangat jelas terlihat. Bincang-bincang santai, ngobrol apa saja. Tentu saja tentang tulisan, entah itu buku, artikel, atau apa saja yang bisa ditulis dan bisa memotivasi anggota IIDN Solo.
Oh ya, di bawah ini daftar nama anggota yang datang pada acara KOPDAR bulan April 2015, yaitu Ibu/Mbak:
1.      Candra Nila Murti D
2.      Siti Nurhasanah
3.      Arinta Adiningtyas
4.      Zakiah Wulandari
5.      Noer Ima Kaltsum
6.      Sarah Mantovani
7.      Nurul Chomaria
8.      Yang Nofiar D
9.      Misb Hasanah
10.  Ety Handayani
11.  Vitri Sundari
12.  Astuti M
13.  Tri Hardianingtyas
14.  Wahyu “Bundana Nibraz”
15.  Zukhruf El Habibah
16.  Fafa Faturohma
17.  Avie Azahra
18.  Anna Farida (tamu undangan)



Gambar 4. Bertemu dengan Penulis-penulis Senior


Gambar 5. Ibu-ibu Muda yang Berkarya
Bertemu dengan sahabat-sahabat penulis, sepertinya waktu cepat sekali berlalu. Semoga pertemuan kali ini memberi manfaat luar biasa untuk penulis-penulis yang luar biasa pula. Maaf, untuk kali ini Mbak Candra tidak banyak mengeluarkan suara. Entahlah, ada apa dengan dia. Tapi senyumnya yang semanis kurma tetap merekah.


Gambar 6. Mbak Candra, Senior IIDN Solo

Karanganyar, 15 April 2015