Jumat, 18 Desember 2015

Alasan Memakai Kerudung Segiempat Polos

Gambar 1. Kerudung segiempat polos
Sumber: dok.pri
Muslimah sekarang lebih dimanjakan dalam mematutkan diri. Baik mengenakan pakaian syar’i maupun memakai kerudungnya. Kerudung yang sekarang banyak beredar dan dikenakan muslimah sangat bervariasi. Muslimah sekarang tinggal memilih kerudung yang dirasa pas dikenakan. Ada yang suka mengenakan kerudung siap pakai (tidak perlu disemat dengan peniti), kerudung panjang, kerudung segitiga beserta asesorisnya, dan kerudung segiempat bermotif dan segiempat polos.
Kerudung segiempat polos yang saya sebutkan terakhir merupakan kerudung klasik yang populer dikenakan muslimah sekitar tahun 80-an hingga awal 2000. Kerudung dibuat dari kain yang sisinya sama (dahulu memakai kain ero, sisinya 115 cm x 115 cm) lalu dikril/wolsom.
Cara memakai juga sederhana. Ambil kain untuk tutup kepala bagian dalam (ciput), lalu kenakan dengan posisi nyaman di kepala. Kemuadian ambil kain kerudung segiempat, lalu dilipat segitiga, dikenakan dan disemat dengan peniti. Biasanya ada 2-3 sematan peniti agar kerudung bagian bawah tidak terbuka bila kena angin atau karena gerakan kita.
Saya lebih suka mengenakan kerudung segiempat polos ukuran lebar. Alasan saya karena bentuknya sangat sederhana dan harganya jauh lebih murah (penghematan, karena hemat pangkal kaya). Bila memakai kerudung yang ada motifnya, saya merasa kepala saya jadi agak ramai. Kerudung polos dipakai/dipadupadankan dengan baju apa saja sepertinya lebih fleksibel. Saya lebih percaya diri dengan kerudung yang ukurannya besar.
Memang sekarang banyak dijumpai kerudung siap pakai dengan ukuran besar, akan tetapi harganya juga mahal. Mengenakan kerudung segiempat polos dengan ukuran besar memang sesuai dengan karakter saya yang sederhana dan tidak suka bergaya. Apalagi kalau mencoba memakai sesuatu yang baru dan agak “fashionable” biasanya suami jadi heran dan kaget. Sepertinya dia bilang,”Mi, itu bukan kamu yang asli. Kamu yang asli lugu, tidak neko-neko.”  
Saya lebih suka memakai kerudung segiempat daripada kerudung lainnya, meskipun kadang memakai kerudung siap pakai. Kalau saya memakai kerudung siap pakai dengan merek tertentu, itu bukan karena saya membeli atas kemauan saya atau mendapat hadiah. Biasanya kerudung tersebut saya ambil dari almari anak saya, saya meminjam hehehe. Kerudung anak saya memang banyak dan lebih bagus dari milik saya. Daripada jarang disentuh atau dikenakan, lebih baik saya pinjam sebentar.
Itulah alasan saya lebih suka memakai kerudung segiempat polos. Anda suka memakai kerudung model yang mana?

Karanganyar, 18 Desember 2015