Selasa, 01 Maret 2016

Melihat Lebih Dekat Siswa Yang Melaksanakan PSG

Hari ini saya, Bpk Muljadi dan Bpk Moh. Hardiyanto melakukan kunjungan ke DU/DI tempat siswa SMK Tunas Muda melakukan PSG (Pendidikan Sistem Ganda). Mula-mula kami mengunjungi Tri Susilo Mahendra yang belajar di bengkel Bubut dan Milling di Pereng Mojogedang. Ketika kami ke sana, Susilo sedang melakukan suatu pekerjaan. Sip, selama ini anaknya rajin, begitulah menurut cerita pemilik bengkel.

Gambar 1. Susilo membubut benda kerja
dok.pri
Yang kedua yaitu ke Bengkel Si Doel. Bengkel mobil spesial modifikasi dan aksesoris (utamanya mobil Jeep). Letaknya di sebelah utara Bromo Mojogedang. Di sini saya sebagai pembimbing harus mengunjungi Nandhy Febri dan Joko Santosa. Akan tetapi Joko sedang izin tidak masuk PSG karena sedang mengikuti lomba pencak silat POPDA Kab. Karanganyar. Yang ada hanya Nandhy dan teman-teman dari lain sekolah. Pekerjaan Nandhy termasuk beres, karena si anak memang bakatnya sregep dan terampil. Lanjutkan Nandhy, ayo semangat. 
Gambar 2. Nandhy di Bengkel Si Doel
dok.pri
Yang terakhir, kami balikke arah dekat sekolah yaitu ke Ngijo Tasikmadu. Bengkel yang kami tuju hampir sama dengan bengkel kedua yaitu Bengkel mobil spesial modifikasi dan aksesoris (utamanya mobil Jeep). Di bengkel ini Bapak Hardiyanto akan membimbing Berlian dan berkonsultasi dengan pembimbing dari DU DI.
Gambar 3. Berlian in action
dok.pri
Dari ketiga bengkel yang kami kunjungi, pemiliknya semua ramah dan bisa diajak kerja sama. Semoga anak-anak rajin dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan pekerjaan. Bimbingan dari pemilik bengkel sangat diharapkan agar anak-anak bisa lebih maju. PSG adalah tempat yang cocok untuk belajar terjun ke dunia kerja secara langsung.
Gambar 4. Pembimbing Sekolah dan DU DI
dok.pri
Dengan PSG, diharapkan semua siswa lebih terampil, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab.

Karanganyar, 1 Maret 2016