Kamis, 03 Maret 2016

Rica-rica Menthok Pedasnya Pas

Pulang sekolah, saya dan dua orang teman yang sudah seperti saudara mampir warung makan yang berimpit Stadion 45. Sadion 45 terletak di Cerbonan, Kal. Karanganyar,  Kec. Karanganyar, Kab. Karanganyar. Kami sudah sering makan siang di warung makan ini. Warung makan ini menyediakan rica-rica menthok dan menthok goreng (dan sambalnya).

Kami pernah mencoba menikmati menthok goreng, tapi pelayanannya agak lama karena harus menunggu menggoreng. Padahal rasa menthok goreng, sambal dan lalapan ini pas banget. Akhirnya kami memilih rica-rica menthok saja. Pedasnya mantap, bumbu rempahnya terasa banget dan tidak terasa amis. Teksturnya lumayan empuk.

Soal harga juga teramat terjangkau. Satu porsi rica-rica menthok @ Rp. 10.000,00, nasi putih @ Rp. 3.000,00, teh hangat Rp. 1.500,00 dan jeruk hangat Rp. 2.000,00.

Menyantap rica-rica menthok membuat badan menjadi hangat karena bumbu rempahnya yang kuat. Kuliner ini termasuk tidak mahal alias harganya masih wajar, mengingat masih ada yang menu masakan lain di tempat yang berbeda yang harganya lebih dari itu.

Bagi saya sesekali mencoba masakan/menu Jawa di warung makan tidak ada salahnya. Apalagi kalau mendapatkan gratisan dari teman. Oh ya, saya sering makan siang bersama teman-teman. Tentu saja kami sudah biasa saling traktir. Tiap beli maksi di warung, selalu ada bendahara yang siap ke kasir dengan cara bergantian.

Saya melakukan ini sepengetahuan suami, sebab suami juga sama dengan saya. Bergantian menjadi bendahara kalau makan bareng di warung bersama teman-teman guru lainnya. Alhamdulillah, dengan seperti ini rezeki lebih barokah. Terbukti, bila maksi bersama teman-teman nanti sorenya sudah tak perlu makan lagi.

Lo, anak-anak bagaimana? Anak saya, si dhenok. juga hobi banget makan rica-rica menthok biarpun huha-huha kepedasan. Sedangkan si thole sukanya makan lele warungnya Mas Pendek. Tapi tetap saja di rumah sedia nasi, telur, tempe, rempeyek kacang, rempeyek gereh, mie instan dan sayuran sop. Sebab yang saya sebutkan adalah wajib ada.

Nah, bagi Anda yang suka mencoba mencicipi makanan, saya merekomendasikan rica-rica menthok Stadion 45 Kab. Karanganyar untuk dicoba. Dijamin tidak kecewa dan bakalan ketagihan.

Karanganyar, 3 Maret 2016