Sabtu, 16 Juli 2016

Bingkisan Dari Ikut GA Sebagai Penyemangat #16

Sejuk
dok.pri
Bingkisan Dari Ikut GA Sebagai Penyemangat #16
Tugas penulis adalah menulis. Menuliskan apa saja yang dirasakan, yang dilihat dan didengar. Dengan sering menulis maka kemampuan menulis akan terasah. Kualitas tulisan kita juga akan semakin baik. Sebaiknya menulis dengan gaya tulisan sendiri. Mengapa demikian? Karena dengan menulis ala atau gaya sendiri akan jauh lebih kelihatan ciri khas keakuannya.
Setelah menulis, kita memerlukan first reader agar bisa menilai tulisan kita secara obyektif. Tentu saja kita juga dengan terbuka mau menerima masukan yang membangun yang bisa memperbaiki tulisan kita,
Sekarang, penulis dengan mudah mendapatkan pembaca, minimal membaca judulnya saja. Sosmed telah mempermudah kita mendapatkan pembaca. Kita juga boleh mencoba untuk berkompetisi dengan orang lain sebagai sarana memperbaiki tulisan. Kompetisi ini dimaksudkan untuk mengetahui seberapa besar kemampuan kita dalam menulis.
Dalam kompetisi tentu saja ada kriteria tertentu sebagai patokan tulisan kita lolos atau tidak. Dalam suatu kompetisi pasti ada yang lolos dan ada yang gagal. Bagi yang gagal, tidak perlu berkecil hati. Bagaimana pun, naskah yang masuk akan masuk rangking setelah dinilai. Hanya rangking berapa besar dari naskah yang ada yang berhasil memenangkan kompetisi.
Tak perlu kecewa dengan sebuah kegagalan. Ayo bangkit lagi dan terus asah menulis kita. Dari beberapa kompetisi yang diikuti, kita berharap ada yang berhasil dan menang. Bila kita tahu ada lomba menulis atau GA lebih awal, sebaiknya secepatnya kita ikut serta dengan membongkar tabungan tulisan kita (yang temanya sesuai).
Bila kita menjadi pengirim pertama naskah tulisan atau, mengirim link dari postingan tulisan kita, siapa tahu kita mendapatkan penghargaan. Mungkin kita tak memenangkan lomba sebagai pemenang 1, 2, 3, dan seterusnya. Namun kita tetap bisa menjadi pemenang dengan predikat sebagai pengirim pertama naskah. Lumayan, bukan? Ini pengalaman pribadi.
Baca juga tulisan yang diikutsertakan dalam GA:
Saya mengikuti GA tentang cerita lebaran. Saya bukan sebagai pemenang 1, 2, 3, 4 dan 5. Tetapi sebagai pemenang pengirim/memosting tulisan pertama. Alhamdulillah, saya sangat bersyukur. Kebetulan saya memang memiliki persediaan tulisan/tabungan tulisan. Sehingga mengikuti lomba #CeritaLebaran juga tak perlu menguras pikiran. Saya tinggal merangkai beberapa tulisan dari file. Begitu tulisan selesai, bismillah, memosting tulisan begitu saja.

Tapi, ada satu tambahan pemenang lagi. Yaitu peserta yang pertama kali posting #CeritaLebaran.
Pemenang pertama kali posting atau kirim:
Nama: Noer Ima Kaltsum
Judul Postingan: 
Lebaran Dengan Baju Baru Berfoto Keluarga Bawa Endhog Abang

Bagi saya, ini patut saya banggakan. Di saat saya repot dengan pekerjaan sekolah, saya mendapatkan kabar baik yang tak pernah saya duga sebelumnya.
Siapa banyak berlatih maka akan terampil. Siapa bersungguh-sungguh pasti berhasil. Sampai sekarang saya memotivasi diri saya dengan kalimat-kalimat semacam itu.
Dengan datangnya kabar ini tentu saja saya dengan segera mengirimkan alamat pengiriman bingkisan kepada penyelenggara GA. Semoga bingkisan dari penyelenggara GA ini terus memotivasi saya, sebagai penyemangat. Saya terus bersemangat dan saya bisa menunjukkan pada orang bahwa saya guru biasa yang bisa menulis. Bangganya saya menjadi guru yang menulis.
Buat teman-teman penulis, baik di dunia maya maupun dunia nyata, terima kasih atas dukungannya.
Karanganyar, 16 Juli 2016