Selasa, 12 Juli 2016

Mukena Cantik Untuk Masjid Sekolah

Mukena Cantik
dok.pri
Mukena Untuk Masjid Sekolah
Pagi ini saya dipaksa si Dhenok ke toko yang terletak di depan Pasar Jungke, Karanganyar. Dhenok mau membeli mukena, rencananya mukena tersebut akan disimpan di masjid sekolahnya. Sebenarnya mukena di masjid sudah banyak. Dhenok ingin ada beberapa mukena lainnya yang bisa dipakai bila jadwal pencucian mukena dilakukan oleh pengurus Rohis.
Toko di depan pasar tersebut terkenal dengan harga-harga yang murah dengan barang berkualitas bagus. Saya berani menjamin tidak akan kecewa bila membeli barang-barang di toko tersebut. Kembali ke masalah mukena. Tiba-tiba Dhenok punya inisiatif seperti itu. Semoga kesadarannya ini merupakan salah satu hikmah berpuasa.
Biasanya Dhenok membawa mukena kalau ke sekolah. Mungkin dia merasa lebih praktis dan bermanfaat untuk banyak orang bila mukena tersebut disimpan di masjid sekolah. Saya hanya berpesan padanya untuk tidak memberikan tugas tambahan pada pengurus Rohis. Sebaiknya mukena yang disimpan di masjid dicuci sendiri di rumah secara berkala.
Bahkan saya memberikan wacana untuk bersedekah dalam bentuk mukena secara berkala. Bila mukena-mukena tersebut banyak digunakan orang, maka pahalanya akan terus mengalir. Saya memberikan motivasi seperti itu bukan semata-mata mencari pahala.
Biarlah Allah yang memberikan penilaian terhadap usaha kita, baik dan buruk, ikhlas atau sekadar riya. Saya justeru salut dengan pemikirannya. Bukankah mengurangi uang jajan dan uang tersebut untuk membeli mukena akan jauh lebih baik.
Hari ini pembelian mukena sudah sukses dilaksanakan. Memang harganya tidak seberapa. Beberapa hari lagi Dhenok akan masuk sekolah. Semoga mukena yang akan disimpan di masjid sekolah bisa dimanfaatkan siapa saja yang hendak shalat tetapi tak membawa mukena.
Ramadan telah berlalu, Idul Fitri juga semakin menjauh meninggalkan kita. Saatnya kita dengan hati yang bersih, dengan niat tulus ikhlas, menjalankan ibadah dengan khusyuk. Saatnya shalat, saatnya memakai mukena cantik.

Karanganyar, 12 Juli 2016