Jumat, 23 Desember 2016

Kebiasaan Baru Minum Minuman Jeruk Nipis Hangat Pagi Hari

sumber: www.manfaatonline.com

Ketika saya masih SD, Ibu sering membeli jeruk nipis untuk dibuat minuman. Pada saat itu, saya menginginkan minuman jeruk hangat dari jeruk peras yang biasa dipakai untuk membuat es jeruk pedagang di warung. Apa daya, saya harus menerima begitu saja. Bapak sering membuatkan minuman jeruk nipis hangat (waktu saya masih kecil, tidak boleh minum es dan saya dan saudara-saudara manut). Jeruk nipis yang diperas tidak terlalu banyak sehingga rasa minuman tidak masam sekali. Setelah saya besar, saya jarang minum jeruk hangat. Biasanya saya minum teh hangat.
Suatu hari saya melihat kakak saya yang nomor 2, membuat resep teh hijau plus jeruk nipis. Katanya untuk melangsingkan tubuh. Dan memang saya percaya hasil yang diperoleh kakak saya. Badannya langsing dan sehat. Meskipun harga jeruk nipis melambung tinggi, kakak saya tetap mengkonsumsinya.
Rupanya, suami saya tertarik usaha melangsingkan badan atau minimal mengurangi berat badan. Suami minum teh hijau tiap pagi. Tapi itu hanya bertahan beberapa hari saja. Buktinya satu boks the hijau isi 25 tidak habis. Hehe, bagaimana mau langsing kalau model bosan seperti ini?
Saya sarankan kalau melakukan sesuatu jangan karena ikut-ikutan orang lain sepenuhnya. Tapi benar-benat kita memiliki niat. Kalau sudah memiliki niat, pasti tidak akan bosan. Sebagai tambahan jangan memaksakan diri harus sama dengan si A, B atau C.
Karena bosan dengan mengkonsumsi teh hijau, kini beralih ke minum minuman air jeruk nipis hangat tanpa gula sebelum sarapan. Saya memang tak mudah bosan karena saya tahu manfaatnya. Minum air jeruk nipis sebelum sarapan secara rutin membuat badan kita lebih sehat. Oleh karena tidak berlebihan air perasan jeruk nipisnya, maka perut saya juga nyaman-nyaman saja padahal saya memunyai penyakit pencernaan.
Saya tidak perlu membeli jeruk nipis sebab di belakang rumah Ibu mertua (alm) ada pohon jeruk nipis yang berbuaah lebat. Saya tidak berlebihan memeras jeruk nipis. Secukupnya saja, sebab yang kita butuhkan tidak terlalu banyak.
Sampai hari ini saya dan suami mengkonsumsi minuman jeruk nipis hangat. Banyak manfaatnya.mengkonsumsi jeruk nipis, dua di antaranya adalah bisa menurunkan berat badan dan menjaga stamina.
Semoga saya sekeluarga tidak bosan minum jeruk nipis hangat pada pagi hari.

Karanganyar, 22 Desember 2016