Minggu, 05 Februari 2017

Wisata ke Air Terjun Jumog Kabupaten Karanganyar Ala Kahfi Noer

Air Terjun Jumog
dok.pri

Sedianya hari ini, saya dan teman-teman mau mengadakan perjalanan wisata ke Ex-T Yogyakarta. Tapi sayang, rencana yang sudah kami susun seminggu yang lalu terpaksa dibatalkan karena saya masih belum fit dan kurang enak badan. Suami saya yang tidak mengizinkan saya bepergian tanpa didampinginya. Sementara suami sendiri memiliki acara menghadiri resepsi pernikahan di gedung. Akhirnya saya manut pada suami saja. Namanya juga isteri sholehah (hehe).
Setelah beberapa hari istirahat karena pancingen, saya bertekad harus strong. Saya tidak mau terus-menerus klipuk. Saya dengan semangat menyiapkan segalanya buat suami dan si kecil. Saya tidak tahu, mau diajak ke mana. Yang penting ngikut saja. (Kalau saya tiba-tiba merasa pusing, maka balik lagi).
Lesehan
dok.pri

Mula-mula saya diajak ke gedung resepsi, suami hanya memasukkan amplop saja tanpa membawa souvenir. Setelah itu perjalanan dimulai. Seperti biasanya lewat Karangpandan dan  ternyata ke Ngargoyoso. Jalannya terus menanjak.
Saya paling suka kalau diajak muter-muter desa dengan segala lukisan alamnya. Ada sawah yang padinya mulai menguning, kebun sayuran yang hijau menyegarkan, ada sungai yang membuat nyes di dada dan pemandangan elok lainnya yang tak bisa saya ungkapkan satu per satu.
Betapa Allah Maha Pandai, membuat dunia ini lengkap. Bagaimana saya tidak bersyukur? Selagi mata penglihatan, telinga pendengaran, kulit perabaan tak mengalami cacat kekurangan, semua harus disyukuri. Saya tak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mendapatkan pemandangan asri dan endah di Kabupaten Karanganyar. Semua mudah dijangkau dan biaya yang harus saya keluarkan termasuk ringan. Maka nikmat manakah yang kamu dustakan?
Air Terjun Jumog Tetap Indah
dok.pri 

Tiba-tiba sepeda motor berhenti. Suami menyuruh saya dan si kecil turun. Suami memarkir sepeda motornya. Saya dan si kecil mulai jalan kaki. Di MMT tertulis Air Terjun Jumog. Alhamdulillah, akhirnya kesampaian juga ke obyek wisata Air Terjun Jumog. Horeee.
Saya membeli tiket masuk ke obwis Air Terjun Jumog. Harga tiket lima ribu rupiah per orang sekali masuk (murah sekali). Untuk anak usia lima tahun sudah dibebankan tiket. Setelah masuk, kami harus menuruni anak tangga. Saya tidak sempat menghitung berapa anak tangga yang tersusun. Ternyata sampai di bawah, saya melihat MMT yang bertuliskan kurleb Anda sudah menuruni 116 anak tangga. (Di bagian pembelian tiket, dilihat dari dalam ada tulisan Anda telah naik dan menuruni 232 anak tangga).
Pada hari Ahad ini, pengunjungnya berjubel juga. Ternyata, tidak hanya Grojogan Sewu yang ramai dikunjungi wisatawan, di Air Terjun Jumog pun ramai sekali. Ada pemandangan indah di sekitar sungai yang mengalir, yaitu tempat lesehan untuk menikmati kuliner khas (sate kelinci) sambil melihat sekitar aliran sungai yang bikin adem.
Untuk anak-anak, ada kolam renang lo. Berlama-lama di obyek wisata Air Terjun Jumog tidak akan merasa bosan. Udaranya tidak terlalu dingin. Nah, Obyek wisata Air Terjun Jumog ini bisa dimasukkan dalam daftar obwis yang wajib dikunjungi selain Grojogan Sewu. Air terjun, di Kabupaten Karanganyar tidak melulu Grojogan Sewu. Ayo berkunjung ke Obwis Air Terjun Jumog! (Promosi nih yeeee).
Kalau Anda beruntung, Anda tidak perlu lewat jalur atas. Jalur bawah, jalannya tidak bikin jatung deg-degan dan dari tempat parkir menuju air terjun medannya tidak sulit. Nah, kalau tadi suami memang sengaja memilihkan jalan yang medannya tidak gampang biar ada kesan butuh perjuangan loh untuk mencapai Air Terjun Jumog. Inikah romantisme atau menggombal? Ya, biarlah yang penting akhirnya saya tidak Cuma diberi harapan melulu. Sekarang sudah terlaksana melakukan perjalanan wisata di bulan Pebruari.
Kalau ada uang saku berlebih, Anda bisa menikmati sate kelinci, bisa membeli oleh-oleh khas dari Ngargoyoso berupa teh, keripik ubi ungu/ubi kuning, dan aneka kudapan lainnya. Kalau tak punya uang saku berlebih, ya sudah sama dengan saya dong! Habis jalan-jalan terus pulang. Saya kan niatnya memang mencari bahan untuk menulis. Kalau sudah dapat, terus mau apa? Berlama-lama di tempat itu? Rugi dong! Tugas saya kan masih menumpuk. Besok hari Senin, hari di mana persiapannya dimulai hari Ahad.
Selamat menikmati liburan bersama keluarga. Salam hangat dari Kahfi Noer!
Catatan:
Air Terjun Jumog sekitar 30 meter, namun tetap memancarkan keindahan khas wisata air/wisata alam. Tempat wisata ini terletak di lereng Gunung Lawu, 500 m di sebelah barat Candi Sukuh.
Air Terjun Jumog terletak di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar. Berjarak sekitar 40 km kea rah timur Solo. Jika berangkat dari arah Solo menuju Tawangmangu, di pertigaan selepas Pasar Karangpandan ambillah jalur ke kiri ke arah Ngargoyoso. (Jalur ke kanan jalur ke Tawangmangu).

Karanganyar, 5 Pebruari 2017