Minggu, 13 Agustus 2017

Bawang Merah Turunkan Kolesterol

Bawang merah bernama latin Allium cepa L. Tanaman ini merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak digunakan dalam berbagai masakan. Biasanya dimasukkan ke dalam sayur yang diolah berkuah atau tumis. Sering juga dipotong tipis-tipis, digoreng kering untuk ditaburkan pada masakan sebagai penyedap.
Peneliti Kimia Farmasi Universitas Negeri Yogyakarta Prof Dr Nurfina Aznam SU Apt mengatakan, selain sebagai bumbu, bawang merah mempunyai banyak fungsi dalam pengobatan tradisional. Contohnya bisa menurunkan panas dan mengobati masuk angin pada anak.
Penelitian menyebutkan, bawang merah atau brambang bisa mengurangi resiko kolesterol. Secara ilmiah kandungan sulfur dalam bawang merah yang dikonsumsi secara teraturdapat membantu menurunkan kolesterol. Sedangkan kandungan flavon-glikosida berfungsi sebagai antiradang dan pembunuh bakteri.
Bawang merah juga mengandung saponin yang berkhasiat mengencerkan dahak. Uji medis menemukan kandungan pelbagai vitamin, termasuk vitamin B1 (thiamine), B2 (riboflavin) dan C (ascorbic acid). Umbi lapisnya juga mengandung protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1 dan C.
Khasiat dan penyakit yang disa disembuhkan dengan bawang merah antara lain :
1.      Perut kembung
Ambil umbi bawang merah segar, kupas kulitnya dan dipukul sampai hancur. Serpihan umbi bawang merah dibalurkan ke perut bayi atau anak yang kembung karena mau muntah. Bisa juga ditambahkan minyak kayu putih sebagai penghangat.

2.      Muntah-muntah
Bisa diatasi seperti menghadapi perut kembung. Atau makan bawang mentah-mentah juga berkhasiat mengatasi perut mual dan muntah-muntah.

3.      Turunkan kolesterol
Ambil bawang merah yang masih segar secukupnya. Lalu dikupas kulitnya agar bersih. Iris tipis-tipis, kemudian digoreng dalam minyak sayur. Bawang goreng ini digunakan sebagai bumbu masakan. Dan bagi yang menyukai bawang mentah, cukup bagus jika dimakan untuk pelengkap saat makan sate.

4.      Masuk angin
Ambil umbi bawang merah segar secukupnya, dikupas kulitnya dan digeprek sampai hancur. Balurkan ke perut yang sakit masuk angin, kalau perlu tambahkan minyak kayu putih. Lakukan pagi dan sore.

5.      Batuk
Sediakan umbi bawang merah 4 gram, daun poko 4 gram, daun sembung 3 gram, daun pegagan 4 gram, buah adas 2 gram, air secukupnya. Bahan-bahan tadi dipipis, dibuat pil atau direbus. Diminum sehari 1 kali sehari ¼ cangkir. Dalam bentuk pil, diminum 3 kali sehari 9 pil.

6.      Meredakan demam anak
Ambil umbi bawang merah secukupnya, dan potong tipis-tipis, minyak kelapa secukupnya, minyak kayu putih secukupnya. Semua bahan diremas-remas kemudian minyak perasan dioleskan pada perut yang kembung, ke seluruh badan, kaki dan tangan anak.
(KR, Agus Suwarto, Minggu pahing, 9 Desember 2012)