Senin, 21 Agustus 2017

WAKTU YANG TEPAT MEMANEN MANGGA

Saya bersyukur tinggal di desa dengan lahan yang cukup luas. Dulu ketika masih tinggal di rumah orang tua, belum pernah memiliki pohon tahunan (sampai sekarang, karena lahannya sempit). Ada beberapa pohon dengan buah musiman. Ya, sejak tahun 2002, kami tinggal di rumah sendiri di desa. Sejak itulah kami menanam pohon tahunan, hasilnya kami nikmati beberapa tahun belakang ini.
Saat ini saya dan keluarga sangat bersyukur karena pohon mangga yang tumbuh di sekitar rumah sudah banyak yang tua. Perkiraan saya, pasti sebentar lagi buah mangganya masak/matang.
Kebetulan, pohon mangga golek di belakang rumah buahnya cukup banyak. Sore hari, saya bilang pada suami untuk memanen buah mangga yang sudah tua. Kami memilih memanen pada sore hari. Beberapa alasan yang saya anggap agak masuk akal berkaitan waktu yang tepat untuk panen adalah:
1.    Pada sore hari, kami bisa lebih santai, tidak tergesa-gesa atau buru-buru
2.    Pada sore hari, udara sejuk atau tidak panas
3.    Pada sore hari, kami sudah berada di rumah setelah seharian mengajar
4.    Pada sore hari, setelah selesai memanen mangga, kami bisa menikmati suasana desa di pekarangan belakang rumah.
5.    Hasil panenan bisa dibawa ke sekolah pada keesokan harinya

Kalau ada yang berminat buah mangga, silakan secepatnya datang ke rumah saya. Kalaupun kehabisan buah mangga karena kedahuluan orang, maka masih ada buah sukun yang siap untuk masuk ke dalam penggorengan.