Jumat, 06 Oktober 2017

Perlukah Bergabung Dengan Komunitas Penulis?



Ketika masih SMA dahulu, saya suka membaca novel remaja. Biasanya novel-novel tersebut saya dapat di perpustakaan sekolah. Saya tidak perlu membeli novel; tidak perlu keluar ongkos. Oleh karena senang membaca novel dan ternyata di sekolah teman-teman juga suka membaca novel, jadilah satu novel dipinjam bergantian. Kalau novel tersebut sudah dikembalikan, pasti sudah ada yang menunggu.

Selain novel, saya juga membaca Koran dinding. Koran dinding adalah Koran yang dipasang di tempat berkaca di depan kantor TU. Membaca Koran sambil berdiri dan berebut tempat dengan pembaca lainnya.

Biasanya, pembaca Koran dinding berjubel pada saat istirahat pertama. Saat istirahat kedua, Koran dinding sepi pembaca. Kadang-kadang, saya malah memilih membaca Koran setelah pulang sekolah. Nah, kalau ada ekstrakurikuler sore hari, ini adalah kesempatan baik membaca Koran dengan nyaman.

Kebiasaan membaca ini membuat saya jadi ingin menulis. Alhamdulillah, sejak kelas 2 SMA, saya sudah menulis. Hanya saja, dunia menulis saya adalah dunia sepi dan menyendiri. Saat itu, saya tidak tahu harus belajar menulis kepada siapa. Belajar menulis secara otodidak.

Berbeda dengan sekarang, belajar menulis bisa kita lakukan dengan cara bergabung dengan komunitas menulis. Perlukah bergabung dengan komunitas penulis? Jawaban saya, sesuai kebutuhan saya adalah perlu, bahkan sangat perlu. Banyak manfaat yang kita dapatkan dengan bergabung dengan komunitas penulis. Manfaat yang pertama adalah mempunyai banyak teman. Manfaat yang lain adalah bisa konsultasi secara gratis kepada teman. Teman dalam komunitas adalah motivator, pemberi masukan.

Komunitas menulis bisa kita jumpai di dunia maya maupun di dunia nyata. Alhamdulillah, saya bisa bertemu langsung dengan penulis-penulis yang tinggal di eks Karisidenan Surakarta. Saya bisa belajar banyak dari teman-teman penulis.

Kita sebagai makhluk sosial, sudah seharusnya berinteraksi dengan orang lain. Sebagai penulis, sangat pas kalau bergabung dengan orang-orang yang memiliki hobi atau profesi yang sama yaitu penulis.

Bagi yang ingin memulai menulis, silakan bergabung di komunitas menulis yang sesuai. Tujuannya agar keinginan untuk memulai menulis tidak sekadar ingin menulis tapi tidak segera melakukan aksi. Di dalam komunitas biasanya ada kompor yang siap membakar semangat menulis kita.


Karanganyar, 6 Oktober 2017