Minggu, 12 November 2017

Katakan No : Rembesan Air Merusak Rumah

Musim hujan telah tiba. Sedia payung sebelum hujan. Kalau sudah terlanjur hujan maka carilah tempat yang aman. Tempat yang aman dan nyaman ketika hujan adalah di rumah. Bagi saya, berada di rumah kala mendung, gerimis dan hujan, hati merasa tenang dan nyaman. Apalagi bisa berkumpul bersama suami dan anak-anak sambil makan kudapan. Mantap sekali!

Alhamdulillah, meskipun rumah saya berada di tengah sawah dan sangat sederhana, dinding rumah kami tidak berpulau. Mengapa demikian? Karena dinding rumah dicat dengan dengan cat anti rembes.

Sebelum rumah dicat, saya dan suami sudah berembuk terlebih dahulu. Oleh karena pada saat hujan dan angin berhembus kencang, air hujan selalu mengenai dinding rumah, maka kami memutuskan cat dinding bagian luar rumah menggunakan cat anti rembes. Pilihan kami jatuh pada cat “No Drop”. Alhamdulillah, air hujan yang menerpa dinding tidak merembes ke dalam. Air hujan tidak merembes ke dalam rumah, dinding rumah aman dan tidak berjamur. Bye bye pulau jamur!

Ada tips agar dinding rumah tidak gampang membuat pulau jamur. Tips-tips tersebut antara lain:
1.    Sebelum dinding diaci atau diplester, pastikan susunan bata pada dinding dalam keadaan kering.
2.    Setelah itu haluskan dengan semen dan tunggu sampai kering terlebih dahulu.
3.    Setelah lapisan semen kering, langkah berikutnya adalah lapisi dengan waterproof.
4.    Langkah berikutnya mengecat dinding rumah.
Untuk mengatasi rembesan air hujan pada dak rumah, bisa menggunakan produk anti rembes MU 600. Caranya dengan mengamplas cat yang ada retak rambut penyebab rembesan air hujan. Kemudian tambal dengan serabut yang sudah satu paket dengan produk tersebut, baru dilapisi satu atau dua kali. Setelah kering, bisa dicat ulang.

Agar tidak ada rembes pada dinding dan dak rumah, pastikan pada saat membangun rumah teliti memperhatikan pelaksanaan pembangunan rumah. Jangan sampai sudah mengeluarkan biaya besar tapi kita tidak merasa nyaman karena ada air rembesan di dinding maupun di dak.

Semoga bermanfaat.