Sabtu, 17 Februari 2018

ENAM MAKANAN KUKUS ALAMI

foto: dok.pri

noerimakaltsum.com. Beberapa makanan dikukus yang bisa didapatkan dari alam, antara lain:
1.    Pisang
Saya yakin sebagian besar orang mengenal buah pisang. Ada beberapa macam pisang, di antaranya adalah pisang buah meja dan pisang yang dibuat makanan (direbus/dikukus/dibuat camilan). Pisang yang biasa dikukus adalah pisang kapok. Pisang yang sudah masak di pohon bisa dikukus lalu disantap.

2.    Ubi jalar
Ketika saya masih kecil, Ibu sering membeli ubi jalar lalu dikukus. Ubi jalar kukus memang dimakan sebagai kudapan. Menikmati ubi jalar kukus saat hujan dan udara dingin, rasanya sangat nikmat. Ubi jalar baru dicabut dari tanah disimpan beberapa hari terlebih dahulu, bila dikukus rasanya lebih manis disbanding ubi jalar baru dicabut.

3.    Ketela pohon
Ketela pohon atau singkong bersih dikukus langsung setelah empuk ditaburi sedikit garam atau gula, rasanya mantap.  Kalau mau dibuat sawut juga oke. Untuk membuat sawut, singkong diparut kasar dengan parut khusus lalu dikukus. Setelah masak, sawut ditaburi campuran kelapa parut dan sedikit gula dan garam.

4.    Kacang kulit
Siapa yang tidak suka kacang? Sebagian besar orang yang tidak ada masalah dengan kulit, akan merasa aman mengkonsumsi kacang kulit. Kalau saya paling suka kacang kulit dikukus. Kebetulan sejak remaja saya tidak ada masalah dengan raut muka. Saya termasuk abege yang tidak memiliki jerawat.

5.    Kedelai
Kedelai yang baru dipanen langsung dikukus. Setelah matang kemudian dimakan. Kedelai yang dikukus ini biasanya dijual dalam satu ikatan. Kedelai masih menempel pada batang tanaman. Kedelai banyak mengandung protein.

6.    Jagung
Jagung termasuk palawija. Jagung ditanam ketika sawah tidak terlalu banyak air. Biasanya jagung dipanen saat masih muda (khusus dijual sebagai jagung rebus) dan saat jagung sudah tua. Untuk yang masih muda, jagung direbus terlebih dahulu. Kemudian diangkat, selanjutnya jagung dikukus untuk dijajakan dalam kondisi hangat.

Sebenarnya masih banyak makanan alami yang bisa dikukus dan aman dikonsumsi sebagai camilan. Silakan ditambahkan lagi bila perlu.

Semoga tulisan ini bermanfaat.

Karanganyar, 17 Februari 2018