Sabtu, 21 April 2018

BERBURU BUKU MURAH UNTUK PERPUSTAKAAN SEKOLAH




Dahulu ketika masih sekolah, mau membeli buku pegangan saja tidak bisa karena tidak memiliki uang. Saya dan saudara-saudara hanya mengandalkan buku pinjaman dari perpustakaan sekolah. Dengan meminjam buku di perpustakaan, saya merasa sangat terbantu. Untuk menghadapi liburan, biasanya saya meminjam buku berupa novel atau buku bacaan ringan lainnya.

Kini setelah berkeluarga dan saya memiliki hobi menulis, saya harus menambah koleksi buku. Beberapa buku yang sudah lawas, biasanya saya bawa ke sekolah untuk dibaca-baca lagi. Bisa juga buku tersebut saya serahkan ke perpustakaan sekolah. Meskipun buku lawas tapi membawa informasi yang baru buat anak-anak sekolah.

Kalau dulu saya berhemat untuk berbelanja buku, sekarang tidak lagi. Saya suka membeli buku dalam jumlah banyak lalu say abaca sedikit demi sedikit. Kebiasaan saya membeli buku ini ditiru oleh anak perempuan saya. Anak saya hobi membeli buku. Kalau dengan ayahnya, dia akan mengambil banyak buku lalu bilang terima kasih ayah.  

Ternyata untuk mendapatkan buku yang berkualitas, saya tidak perlu mengeluarkan uang banyak. Pada saat pameran buku, kita bisa memilih buku yang berkualitas/berbobot dengan harga murah. Tentu saja harus memiliki kesabaran yang tinggi untuk memilih buku murah pada saat pameran buku.

Dengan demikian, belanja buku dalam jumlah banyak tetapi uang yang kita keluarkan hanya sedikit. Membeli buku dalam jumlah banyak, tujuannya untuk apa? Kita bisa menyedekahkan buku-buku tersebut ke perpustakaan sekolah. Dengan menyerahkan buku-buku ke perpustakaan sekolah maka buku tersebut bisa bermanfaat bagi orang lain. Semakin banyak orang yang membaca buku kita, semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari buku tersebut.

Mungkin kita bisa memberikan buku-buku yang kita beli dengan harga murah tersebut ke perpustakaan sekolah anak atau keponakan kita. Atau bisa juga buku yang kita beli kita sedekahkan ke perpustakaan sekolah terdekat (rumah kita). Insya Allah, apa yang telah kita keluarkan, tidak akan pernah sia-sia.

Kalau buku koleksi kita berlebihan, silakan kelebihannya dibagikan pada perpustakaan sekolah yang dekat dengan rumah kita. Bersedekah buku, pahalanya akan mengalir bagai amal jariyah.

Sisihkan rezeki kita. Datangi pameran buku. Beli beberapa buku yang harganya tidak terlalu mahal lalu sedekahkan. Semoga bermanfaat.