Senin, 23 April 2018

KOLAM IKAN DAN SAYURAN DALAM POT


Foto diambil dari affnanaquaponic.com

Gara-gara berlangganan dan membaca Majalah Trubus, banyak keinginan saya untuk bertani dan beternak. Keduanya sudah saya lakukan dan Alhamdulillah mendapatkan keuntungan yang menggiurkan. Bercocok tanam sangat mengasyikkan dan sering lupa waktu kalau sudah berada di kebun/sawah. Memelihara ikan nila dan lele, meskipun hanya skala rumah tangga pun saya mendapatkan banyak keuntungan.

Setelah ada si kecil (2009 masih di dalam perut), saya berhenti bercocok tanam. Saya fokus merawat si kecil mulai dari kandungan hingga lahir. Akan tetapi saya masih memelihara ayam. Sampai sekarang, ayam tidak bisa dipisahkan dari kehidupan saya.

Sejak si kecil masuk TK, dia ingin memelihara hewan ternak. Hewan yang sudah pernah dipelihara antara lain ayam, ikan, kelinci, itik, burung. Sampai sekarang ayam, ikan dan burung merupakan hewan piaraan yang mengasyikkan si kecil sepulang sekolah.

Saya memelihara ikan nila dan lele tapi tidak dalam jumlah yang besar. Ikan nila dan lele ini saya pelihara dalam ember secara terpisah. Saya ingin menerapkan gabungan ternak ikan dan menanam sayuran.

Ember besar berisi ikan ini, airnya bisa saya gunakan untuk menyiram sayuran dalam pot. Sejak dulu, saya hanya ingin menerapkan sesuatu yang sederhana dan tidak perlu dipikir secara rumit. Kalau mau modern memang menggunakan sistem aquoponic dan hydroponic. Akan tetapi keduanya memerlukan biaya yang cukup banyak.

Saya ingin melakukan sesuatu secara konsisten dan konsekuen. Saya tidak mau melakukan sesuatu karena latah semata. Prinsip saya adalah saya suka, saya lakukan dan menghasilkan (bisa dalam bentuk panenan dan uang).

Untuk kolam ikan, saya menggunakan ember. Untuk sayuran dalam pot, saya menggunakan gelas plastik bekas. Jumlah ikan dan sayuran tidak terlalu banyak. Bagi saya, yang penting semuanya berjalan terlebih dahulu. Seandainya berhasil, nanti dikembangkan lagi. Sebenarnya bila kegiatan beternak dan bercocok tanam ini ditekuni, hasilnya bisa untuk menambah penghasilan.

Apa yang telah saya lakukan, semoga berhasil dan saya tetap bersemangat mengelolanya. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.