Jumat, 25 Mei 2018

KEUNTUNGAN MENGIKUTI KOMUNITAS MENULIS DAN MENJAHIT



Setelah kembali menulis, saya bergabung di beberapa komunitas. Tentu saja, komunistas yang saya ikuti adalah komunitas berbagi manfaat. Bukan sekadar komunitas berbagi gossip.

Bergabung pada komunitas, memunyai keuntungan. Komunitas tertentu membahas tentang hal-hal yang ada kaitannya dengan tujuan terbentuknya komunitas tersebut. Kebetulan komunitas yang saya ikuti tersebut sudah sesuai dengan kata hati nurani dan hobi saya. Komunitas yang saya ikuti dan keuntungan yang saya peroleh setelah bergabung, di antaranya adalah:

KOMUNITAS MENULIS
Sejak kembali menulis, saya bergabung pada komunitas menulis, yaitu Ibu-Ibu Doyan Nulis. Keuntungannya adalah bertambahnya ilmu, bisa berguru pada orang yang berkompenten, bisa belajar secara gratis, bertambah teman sehobi dan mendapatkan dukungan dari komunitas. Bahagianya bertemu dengan orang-orang yang memiliki persamaan tujuan menulis. Kemampuan menulis terasah dan semakin terampil.

KOMUNITAS BLOGGER
Setelah aktif menulis, saya juga rajin mengisi blog. Saya juga mengikuti komunitas blogger. Di Solo, ada komunitas blogger. Setiap beberapa bulan sekali diadakan arisan ilmu dan mengundang pemateri (blogger juga). Hanya saja saya belum pernah mengikuti arisan ilmu.
Komunitas blogger juga ada di dunia maya. Saya banyak belajar dari blogger-blogger senior. Ilmu ngeblog bisa saya dapatkan dari membaca tulisan-tulisan mereka di blog. Mengikuti komunitas blogger ada keuntungannya, antara lain memiliki teman dengan passion berbeda, belajar ngeblog secara gratis, bisa mendapatkan informasi lomba ngeblog, dan bisa mendapatkan ilmu mencari pebfhasilan lewat ngeblog.

KOMUNITAS KULINER
Meskipun saya jarang memasak tapi saya juga bisa memasak sayuran. Tentu saja masakan yang praktis dan resepnya tidak terlalu rumit. Bergabung di komunitas kuliner ini, saya banyak mendapatkan ilmu secara gratis. Selain memasak makanan dan minuman, ilmu yang dibagikan di sini juga berupa tips-tips menarik. Misalnya tips mendapatkan penghasilan dari bisnis kuliner, tips memasak, tips menata dapur dan lain-lain.

KOMUNITAS MENJAHIT
Sebetulnya saya tidak hobi menjahit. Saya hanya bisa menjahit pakaian sederhana dan simple. Meskipun saya tidak hobi menjahit tapi saya suka bisa bergabung di komunitas menjahit. Apalagi admin dari komunitas ini adalah lulusan di bidangnya dan memiliki pengalaman yang luas. Tentu saja saya senang bisa bergabung di komunitas menjahit ini. Di sini sering diberikan tutorial cara menjahit, memotong kain, memodifikasi pola dan memberikan tips-tips.

Member di komunitas ini juga memamerkan hasil karyanya. Karya-karya member bisa menginspirasi. Meskipun tidak melalui tatap muka, namun saran, masukan dari admin atau member lain untuk member yang bertanya selalu memuaskan. Keuntungan bergabung di komunitas ini adalah mendapatkan ilmu gratis.

00000

Untuk mendapatkan ilmu yang bermanfaat, bergabung ke dalam suatu komunitas memang perlu.

Sumber Noer Ima Kaltsum: