Selasa, 29 Mei 2018

MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL DENGAN BIJAK



Media sosial adalah sarana efektif untuk berkomunikasi. Media sosial bisa mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat. Sebenarnya, kita hanya perlu menggunakan media sosial dengan bijak.

Kita hanya perlu menggunakan media sosial secukupnya saja tidak berlebihan. Banyak pekerjaan yang bisa kita lakukan selain memegang hape dan memainkan jemari kita.

Bila kita terlalu asyik menggunakan media sosial, biasanya lupa waktu, cenderung bebas ketik bebas komentar. Tidak terasa, yang awalnya suatu hubungan baik-baik saja menjadi runyam dan putus gara-gara jemari kita.

Pada masa sekarang, sebagian besar orang menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan orang lain. Akan tetapi, masih ada juga orang yang tidak mau menggunakan media sosial. Mereka cenderung menggunakan hape biasa khusus untuk menerima pesan sms dan telepon. Golongan ini cenderung memanfaatkan waktu untuk hal-hal yang produktif.

Toh, dahulu sebelum media sosial menjamur dan hape masih jadul, semua bisa berjalan dengan lancar. Pekerjaan berjalan dengan lancar, hubungan dengan teman tetap lancar dan bisa menjalin komunikasi dengan teman lama yang sudah lama terpisah.

Menggunakan media sosial secara berlebihan kadang-kadang tidak terasa, tidak sengaja kita menyakiti hati orang lain. Maaf, tidak sengaja lo. Kadang-kadang terjadi salah paham gara-gara seseorang tidak bisa menerjemahkan keinginan kita atau sebaliknya kita beda pendapat dengan teman.

Agar aman dan hubungan dengan saudara, teman, kerabat atau siapa saja bisa berjalan dengan baik maka pergunakan media sosial sewajarnya, sebijak mungkin. Bila sudah terlanjur hubungan kita dengan orang lain menjadi jauh karena media sosial sebaiknya ambil jeda. Suatu saat kita perlu menyapa kembali saudara, teman atau kerabat  tersebut dengan santun dan meminta maaf. Kemudian kita perlu mengambil jarak dengan cara tidak berlebihan dalam bermedia sosial. Insya Allah semua akan berjalan baik-baik saja.

00000