Selasa, 07 Agustus 2018

SAYA PEMAAF DAN SENANG BERDISKUSI


Yogyakarta, 5 Agustus 2018


Hari ini saya berada di kota kelahiran Yogyakarta karena sedang kangen pada orang tua dan saudara-saudara.


Saya tetap harus mengerjakan tugas dengan baik. Tugas yang diberikan oleh mentor ini semoga bisa memotivasi saya konsisten menulis


Terima kasih buat mbak Diah Octivita Dwi Purwanti Aiko Ara Wati Fitri Agustin , saya masih menunggu diskusinya


Kali ini yang akan saya sampaikan mengenai konsep diri.


Konsep diri adalah bagaimana seseorang mengkondisikan dirinya, mengenal dan memahami kelebihan dan kekurangannya dengan sama baiknya dan mampu menyikapinya secara tepat.


Konsep diri dibagi menjadi 2 aspek, yaitu aspek internal dan eksternal (cara menjalin hubungan dengan luar).


Salah satu aspek internal pada diri saya adalah pemaaf. Saya mudah memaafkan orang lain yang berbuat salah pada saya baik disengaja maupun tidak. Saya juga tidak segan menyapa orang yang telah menyakiti saya. Bagi saya, saya tidak nyaman bila menghadapi situasi "saling diam" ketika ada kesalahpahaman. Seorang teman pernah bilang, "Ibu, njenengan tidak gengsi menyapa lebih dulu pada orang."
Bagi saya, tidak bertegur sapa rasanya kok tidak nyaman.


Nah, untuk cara menjalin hubungan dengan luar, salah satunya dengan berdiskusi/musyawarah. Saya bukan tipe orang yang suka memaksakan kehendak/pendapat saya kepada orang lain. Bila dalam diskusi/musyawarah diambil suatu kesepakatan, maka saya akan menerima suatu keputusan dengan penuh tanggung jawab.


Sebenarnya banyak aspek internal dan eksternal yang akan saya tulis. Berhubung lagi mudik dan nulisnya juga sambil ngobrol, maka hari keempat ini tulisan saya tidak panjang-panjang.


#day4
#superwomanbahagia
#superwomanagustus
#UpGREATdiri
#UpGREAThati