Senin, 15 Oktober 2018

Berapa Konsumsi Ideal Gula? Jangan Lebih Dari 12 Sendok Teh per Hari


Musim kemarau, udara kering dan panas. Panas matahari menyengat.  Kalau kurang mengonsumsi air, badan akan terasa lemah dan kepala pusing. Minum air putih secukupnya bisa membuat badan terasa fit.

Sebagian besar orang akan minum minuman dingin manis, seperti es teh, es buah, jus buah dan lain-lain. Bila sudah terbiasa minum minuman manis dingin, sebaiknya dikaji ulang. Penambahan gula pada minuman dingin yang jumlah berlebihan, tidak baik untuk kesehatan.

Berapa konsumsi gula yang ideal setiap hari? Badan Kesehatan Dunia PBB, WHO, merekomendasikan bahwa orang sebaiknya tidak mengonsumsi gula melebihi 12 sendok teh dalam sehari.

Minum minuman manis dengan gula terbatas lebih baik dibandingkan dengan penambahan gula berlebih. Sebaiknya air yang kita konsumsi tidak mengandung gula, misalnya air putih, minuman herbal, teh tawar, jeruk tawar, dan jus buah tanpa gula.

Banyak orang memilih jus buah atau sari buah karena dianggap lebih sehat daripada minuman ringan atau minuman bersoda. Namun gula yang ditambahkan ke dalam jus buah atau minuman sari buah bisa jadi sama atau bahkan lebih banyak daripada yang terkandung di dalam minuman ringan.

Mulai sekarang, yuk, kurangi mengonsumsi gula. Bila kita memerlukan banyak cairan, pilihannya adalah mengonsumsi minuman tanpa gula atau sedikit gula. Pilihlah minuman hangat daripada minuman dingin. Setiap usaha kecil dan sederhana, bisa memberikan manfaat bagi kesehatan, maka lakukanlah dari sekarang.