Senin, 22 Oktober 2018

MENGURANGI SAMPAH DARI RUMAH

Sampah merupakan masalah yang harus segera mendapatkan penanganan. Masalah sampah bukan hanya masalah pada setiap kelompok kecil, tapi sudah secara nasional. Bagaimana cara mengatasi masalah sampah?

Kita mulai dari lingkup kecil, yaitu rumah tangga. Setiap rumah tangga memiliki tanggung jawab untuk memperlakukan sampah sebagaimana mestinya. Dari setiap rumah memisahkan sampah organik dan anorganik. 

Sampah organik bisa dikubur di dalam luang yang telah kita buat di sekitar rumah. Terjadinya pembusukan sampah beberapa minggu, berubah menjadi kompos. Sampah anorganik dipisah dari rumah. Kertas dan plastik ditempatkan dalam wadah tersendiri. Sampah anorganik kering ini, bisa dijual atau didaur ulang. 

Dengan demikian, setiap rumah tangga hanya menghasilkan residu sedikit. Kalau sampah dari rumah sudah tidak dapat dimanfaatkan, maka sampah inilah yang akan kita buang di tempat pembuangan sampah. 

Yang menjadi masalah besar adalah sampah plastik. Kita bisa mengurangi sampah plastik dengan cara menggunakan kembali plastik yang masih bisa kita pakai, menolak pemberian plastik dari pedagang karena kita sudah membawa wadah sendiri.

Yuk, cintai lingkungan kita mulai dari rumah. Yuk, kurangi sampah dari rumah.