Sabtu, 09 Februari 2019

Jangan Mengganggur! Yuk, Lakukan Pekerjaan Untuk Menambah Penghasilan!

TIDAK ADA PENGANGGURAN

noerimakaltsum.com. Tidak ada pengangguran, asal mau bergerak dan beraktivitas. Bergerak ke luar rumah dengan cara bercocok tanam, beternak, berdagang, membuka jasa, bekerja pada orang lain, dan lain-lain. Kuncinya tetap nyaman beraktivitas dengan hasil bernilai halal, pasti akan mendapatkan penghasilan. Asalkan kita mampu melihat dan menangkap peluang, Insya Allah pundi-pundi tetap terisi.

Bila berada dalam posisi tidak memiliki pekerjaan tetap, ya jangan punya patokan nek ora nyambut gawe ngene terus wegah (kalau pekerjaannya tidak sesuai, tidak mau bekerja). Ambil saja peluang yang ada, tekuni dulu, nikmati prosesnya, dan lihat hasilnya. Mending melakukan suatu pekerjaan, meski hasilnya nggak cocok daripada menunggu pekerjaan yang cocok, tapi malah menganggur lama dan tak memiliki penghasilan.

Burung saja tiap pagi mau keluar dari sarangnya agar bisa makan, lalu pulang pada sore hari. Lihatlah, jutaan burung bermigrasi dari luar negeri ke Yogyakarta atau kota lain di Indonesia hanya untuk bertahan hidup. Mereka mencari tempat yang aman dan nyaman, tidak dingin dan menyediakan makanan yang cukup. Apakah masih mau kalah dengan burung?

Saya sering mengamati para pedagang berjualan di Taman Pancasila. Meski tidak laku banyak atau laris, pedagang tetap berjualan. Meski di Pasar Jungke atau Pasar Bejen dagangannya tidak laku keras, demi mendapatkan rupiah, para pedagang tetap berjualan sambil mencari alternatif pekerjaan lainnya. Mereka memiliki prinsip, harus keluar rumah untuk mendapatkan rupiah. Mereka beranggapan bahwa kalau ora omah, ora mamah (tidak kerja, berarti tidak makan).

Beberapa pedagang di pasar, usia mereka sudah cukup sepuh. Namun, mereka tidak mau tinggal diam di rumah, padahal anak-anaknya bisa memberikan semua keinginan orang tua. Kata mereka, "Kalau tidak gerak, badan sakit semua."

Orang-orang yang berjualan di pasar, berangkat pada saat matahari belum juga menyapa bumi. Apakah kita mau kalah dengan orang tua? Malu dong! 

Teman-teman saya yang bergabung di grup kreasi bunga plastik, mereka memanfaatkan plastik dan botol untuk dibuat kerajinan dan laku dijual. Ternyata teman-teman juga dibantu suaminya untuk mengerjakan pembuatan bunga dari botol. Ada yang hasil kerajinannya banyak tapi tak bisa memasarkan, ada pula yang tak punya barang tapi banyak pesanan. Nah, di sini bisa bekerja sama, kan? Yang memiliki banyak karya bisa menitipkan dagangannya ke teman yang sudah banyak pesanan tetapi tidak bisa memenuhi pasar.

Perempuan cenderung mau melakukan pekerjaan apa saja, kadang tidak pilih-pilih, yang penting dapat uang. Untuk itu, bergerak dan beraktivitas adalah upaya mendapatkan penghasilan. Jelas, tak ada pengangguran kecuali bagi mereka yang tak mau memanfaatkan peluang. Jangan menganggur! Yuk, lakukan pekerjaan apa pun untuk menambah penghasilan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar