Senin, 30 Agustus 2021

Jaga Pola Makan Agar Tubuh Tetap Sehat




Sebenarnya banyak orang yang sudah mengetahui bahwasanya tubuh memerlukan makanan bergizi, air, olah raga, dan istirahat yang cukup. Namun, sebagian tidak "taat" dengan apa yang dibutuhkan tubuh. Makan tidak teratur, minum dalam jumlah sedikit, malas berolah raga dan kurang istirahat. 


Bila apa yang diperlukan oleh tubuh tidak terpenuhi, biasanya tubuh sudah mengeluarkan alarm. Sakit, lesu, letih, lemah, dan loyo. Bila sudah seperti ini, biasanya orang akan menggunakan jalan pintas untuk mengembalikan agar tubuh kembali sehat. Jalan pintas itu adalah mengkonsumsi obat-obatan. 


Sebenarnya obat-obatan kita butuhkan bila keadaan darurat. Kalau masih bisa dievaluasi dan memulihkan dengan yang alami, tentu ini lebih baik. Contoh: seseorang mengalami sakit perut, diare. Biasanya untuk menghentikan diare secepatnya, yang bersangkutan akan minum obat/herbal. Mereka jarang yang mengevaluasi makanan atau minuman apa yang sudah dikonsumsi. Atau stres karena kurang tidur.


Penyakit yang menyerang tubuh seseorang, biasanya tidak datang secara mendadak tapi pelan-pelan. Yuk, kenali penyakit yang menyerang tubuh kita. Mulailah makan secara teratur, jaga pola makan. Makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh harus benar-benar yang bergizi. Makanan dan minuman yang bergizi tidak selalu mahal harganya. Misalnya bagi yang suka minum kopi atau minuman yang dijual di warung atau kedai, ganti dengan minum air putih, minuman rempah, jus buah, atau sari buah alami.


Bila tak berniat puasa pada hari itu, maka pagi hari bangun tidur biasakan minum air putih hangat, sarapan buah, atau sarapan dengan sedikit makanan berat. Jangan sampai pagi hari perut dalam keadaan kosong atau meninggalkan sarapan. Makanlah secukupnya, jangan berlebihan. Bila suka makanan pedas, jangan terlalu pedas. Sebab mungkin mulut kita bisa tahan pedas/panas, tapi lambung, usus, dan anus tidak tahan pedas sehingga menimbulkan penyakit. Misalnya diare, mulas, atau anus panas dan perih. 


Bila kurang makanan, minuman, buah dan sayuran, perut menjadi tidak nyaman dan sukar buang air besar atau BAB. Kalau bermasalah dalam BAB, makan buah-buahan atau minum sari buah alami untuk memperlancar BAB. Jangan buru-buru minum obat pencahar. 


Kalau pola makan dijaga dengan baik, insya Allah badan kita nyaman, BAK dan BAB lancar. Jangan mengundang penyakit dengan mengkonsumsi makanan secara ngawur.


#catatanimapenulis

#polamakansehat

#jagapolamakan

#kesehatan

#hidupsehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar