Kamis, 28 April 2022

Medical Check Up Untuk Jemaah Haji 2022


Saya dan suami memutuskan bergabung di grup Haji Berangkat 2022 meskipun status kami sebagai cadangan. Sebab, dengan bergabung di grup tersebut, saya dan suami jadi tahu perkembangan info terbaru tentang haji 2022. 


Sebenarnya bagi calon jemaah dengan status cadangan belum perlu mengikuti Madical Check Up sebab belum tahu kepastian keberangkatan. Namun, saya dan suami memutuskan ikut MCU untuk mengetahui kondisi kesehatan secara keseluruhan. Bagi saya dan suami adalah perlu, terutama suami yang memiliki riwayat darah tinggi sejak akhir 2019. 


Pada hari Selasa, 26 April 2022 saya dan suami sampai di Puskesmas Karanganyar. Khusus untuk antrean MCU tidak terlalu panjang. Biaya MCU (tanpa pemeriksaan golongan darah) untuk laki-laki adalah 665.000 dan perempuan adalah 695.000.


Tahap-tahap pemeriksaan adalah:

1. Pengukuran tensi, berat badan, tinggi badan dan lingkar pinggang.

2. Rekam jantung.

3. Pengambilan urin

4. Konsultasi dokter

5. Foto torach

6. Pengambilan darah (puasa 8 jam)


Alhamdulillah, tensi kami normal. Semoga saya dan suami dalam keadaan sehat sampai bisa berangkat ke tanah suci tanpa kendala. Amin.


Waktu konsultasi, dokter bilang: mbak, sebenarnya yang wajib MCU adalah yang akan berangkat 2022. Untuk yang cadangan belum kita infokan. Sebab dari kemenag belum ada kepastian pemberangkatan bagi cadangan.


Me: niat kami untuk mengetahui kondisi kesehatan. Sebab sudah 2 tahun tidak cek up.


Dokter: ya, saya paham. Dengan cek up kita tahu dalam keadaan sehat atau tidak.


Me: njih, bu Dokter 


Nah, saat pengambilan sampel darah saya dan suami terlambat datang sehingga saat dipanggil, kami belum datang ya terpaksa dilewati sampai nomor antrean terakhir selesai. Barulah diurutkan dari awal. Sabar, sabar, sabar.


Saat pengambilan sampel darah, ada ibu-ibu yang takut jarum. Selesai pengambilan sampel darah, beliau membersihkan air matanya. Wah, ternyata traumanya benar-benar deh. Katanya, waktu vaksin meningitis itu sakitnya pakai banget. Padahal nggak sakit. Lebih sakit pas vaksin booster AZ, njaremnya 3 hari.


Alhamdulillah, selesai MCU saya dan suami pulang. Tiba di rumah setelah salat saya langsung klipuk alias tidur manis.


Saya dan suami tetap berdoa lebih, minta lebih, agar bisa berangkat ke tanah suci tahun ini, meskipun nanti berangkat pada kloter tambahan. Amin. (SELESAI)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar