Selasa, 21 Maret 2023

Menulis Buku Non Fiksi Masih Ada Peluang




Sejak bergabung di IIDN Solo Raya, saya punya banyak teman. Alhamdulillah, selain teman juga dapat ilmu baru.


Kemarin 19 Maret 2023, IIDN Solo Raya mengadakan kopdar. Narasumbernya adalah teman di komunitas menulis Temu Penulis Yogyakarta, Mas Zein Mukhlis . Bicara soal tema nanti ujung-ujungnya tentang duit. Hahaha. Kalau sudah begini, yang alim alim tetap ijo!


Nulis nonfiksi sama sulitnya nulis fiksi. Ya, tinggal kebiasaan saja. Masalah peluang, juga sama beratnya. Yang penting tekun, persiapkan tulisan yang terbaik, pantang menyerah, dan tahu ke mana arah tujuan (eh ke penerbit mana tulisan akan dikirim). 


Soal tema, tentu saja harus riset, lihat pasar, buku semacam apa yang lagi banyak dicari. Tentu saja nilai plusnya harus ditonjolkan. Kalau masalah uang, bagi yang mau tanya silakan japri atau inbox, nanti saya bisiki. Hahaha (sok sokan).


Ada yang membuat pertemuan ini spesial. Dihadiri oleh 17 orang dari berbagai kota. Bahkan ada lo yang jauh-jauh dari Semarang datang untuk bergabung di IIDN Solo Raya. Terima kasih, mbak Hanik Kunjayana . Semoga periode yang akan datang bisa bergabung kembali.


Ada anggota baru lainnya dan tulisannya juga sudah tampil di Solopos. Jangan kapok ikut kopdar ya mbak Efitri Widyatuti . Kita "ngoplo" lagi di Solopos. 🤣🤣🤣


Kopdar itu dapat ilmu, berbagi, ngerumpi, makan bareng dan foto-foto. Dan inilah penampakannya.


Status ini sebagai laporan pada ibu ketua IIDN Pusat (mbak Widyanti Yuliandari ). 


#catatanimapenulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar