Sabtu, 20 Mei 2023

Bagaimana Perempuan Berwudu Saat Berihram?

 


Ketika melaksanakan ibadah umrah dan haji, setiap orang wajib berihram. Pakaian ihram laki-laki adalah 2 lembar kain tak berjahit warna putih. Satu lembar dipakai di badan bagian bawah menutup aurat dari pusar sampai di bawah lutut. Satu lembar lainnya dipakai untuk menutup badan bagian atas tapi kepala tidak boleh ditutup.

Pakaian ihram perempuan adalah pakaian yang menutupi aurat, yang terlihat hanyalah telapak (termasuk punggung tangan) dan wajah.

Selama berihram, perempuan harus menjaga pakaiannya jangan sampai aurat terlihat. Bagaimana cara perempuan berwudu saat berihram? Cara berwudu adalah berwudu dii tempat tertutup, berwudu seperti biasa. Namun, bila berwudu di tempat yang bisa terlihat oleh umum maka yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

Perempuan bajunya lengan panjang. Untuk amannya memakai deker atau handsock tipis. Jadi, saat membasuh lengan atau tangan, lengan baju bisa ditarik lalu membasahi deker (mudah kering). Jadi, tetap memakai deker meskipun perempuan menggunakan pakaian lengan panjang. 

Bagian kaki bisa menggunakan kaos kaki tipis dan bisa menutup sampai di atasnya mata kaki. Kemudian memakai kaos kaki panjang. Saat berwudu, kaos kaki dilepas sedemikian rupa sehingga bisa membasuh kaki tanpa terlihat kakinya.

Setelah berwudu maka disarankan untuk menyingkir dari umum lalu melepas handsock maupun kaos kaki yang tipis. Perempuan berihram tetap aman auratnya. 

Sebab itulah bagi perempuan berihram harus membawa banyak kaos kaki, deker, dan hansock agar tidak kena dam gara-gara auratnya terlihat 

00000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar