Jumat, 23 Oktober 2015

Menjadi Kaya Dengan Menulis

RESENSI
Judul Buku                  : Menjadi Kaya Dengan Menulis
Penulis                         : Noer Ima Kaltsum, S.Pd.
Penerbit                       : CV. Smartmomways, Klaten
Cetakan                       : September 2014
Tebal                           : 75 hal + v
ISBN                           : 978-602-713-618-2
Kebiasaan menulis bagi setiap orang akan memberikan pengaruh positif terhadap dirinya sendiri dan orang lain. Tulisan yang sarat dengan pesan juga akan bermanfaat bagi dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Setiap orang sebenarnya bisa menuliskan sesuatu sesuai dengan bidang yang ditekuninya. Tulisan itu sendiri bisa mendatangkan rezeki dan membuat kaya bagi penulis. Kaya di sini tidak semata-mata dimaknai dengan materi. Kekayaan tersebut bisa berupa uang, saudara atau ilmu yang disebarluaskan.
Buku ini mengajak pembaca untuk berani menulis. Menulis dari hal-hal yang kecil, sesuai hobi dan kesukaannya. Menulis dengan mengalir dan gaya bahasanya sendiri jauh lebih gampang daripada mengikuti aturan kepenulisan yang berlaku. Teori-teori kepenulisan bisa dipelajari dan diterapkan sambil menulis.
Proses menulis dimulai dari mencari ide, menuangkan gagasan, menyelesaikan tulisan lalu memublikasikan. Menulis sedikit demi sedikit dan konsisten. Setelah tulisan jadi dan selesai, tulisan tersebut perlu dipublikasikan agar bermanfaat bagi orang lain. Ketekunan, pantang menyerah, berani menerima kegagalan dan berusaha bangkit dari kegagalan adalah kunci menuju keberhasilan.
Agar kemampuan menulis semakin terasah maka perlu menjalin komunikasi, berbagi pengalaman dan terus belajar. Bergabung dengan komunitas sesama penulis, kemampuan menulis akan semakin tajam. Kelebihan-kelebihan dari penulis lain bisa diadopsi.
Buku ini berkisah tentang penulis dari awal mulai menulis, mengirimkan hasil tulisan ke media cetak. Kisah tentang keberhasilan menembus media dan triknya, serta mendapatkan honor. Kisah yang penuh dengan liku-liku dalam menerbitkan sebuah buku dan banyak pesan yang bermanfaat bagi pembaca. Beberapa contoh hasil karya disertakan dalam buku ini.
Apapun profesinya seseorang tetap bisa menulis. Tak ada kata terlambat untuk memulai menulis. Menulis bukan hanya dimonopoli oleh orang-orang yang telah sukses menulis. Siapapun bisa menulis. Sejatinya seorang penulis tidak dibatasi oleh usia. Dari menulis ternyata bisa menghasilkan uang. Tentu saja buku Menjadi Kaya Dengan Menulis dapat menginspirasi dan memotivasi pembaca untuk mau menulis. (Selesai)
Karanganyar, 8 Maret 2015