Kamis, 11 Februari 2016

Kopdar Bersama mbak Lygia

Gambar 1. Narsis sebelum kopdar
dok.pri
Hari Kamis, 11 Februari IIDN Solo mengadakan Kopdar dan akan mengundang Mbak Lygia (Lygia Pecanduhujan) yang kebetulan berada di Solo. Awalnya saya pamit, tidak bisa ikut karena tidak ada yang mengantar. Akan tetapi saya selalu mengikuti perkembangan di Group WA IIDN Solo. Terakhir yang saya baca adalah rencananya kopdar dilaksanakan di Rumah Makan Bakso Kadipolo, depan PKU Muhammadiyah Surakarta. Ketika suami saya minta untuk mengantar ke tempat kopdar ternyata suami tidak keberatan.
Saya pamit pada dhenok (BBM) dan berpesan supaya dhenok berangkat les. Jadilah saya berangkat ke Solo diantar suami. Dari Karanganyar cuaca tidak bersahabat, awan tebal dan hitam berada di atas saya. Sampai di dekat Pasar Gede, hujan turun. Saya mengenakan jas hujan. Alhamdulillah, sampai di tempat kopdar ternyata mbak Hana sudah duduk manis (makhluk manis, menunggu dengan harap-harap cemas).
Gambar 2. Kopdar Mantap
dok.pri
Kemudian datang mbak Nurhas dan bu Yuni. Lalu kami membicarakan pengalaman menulis pada tahun 2015. Lantas sedikit membicarakan cita-cita di tahun 2016 (bahasa kerennya target penulisan). Tak lama kemudian mbak Candra, mbak Lygia dan teman-teman datang. Sebelum acara dimulai, kami menyantap bakso. Kami memakai system datang, pesan, makan, sebab kami tidak bisa datang bersamaan. Setelah itu acara dimulai dalam suasana hangat dan santai.
Karena kami penulis, maka yang dibicarakan juga seputar tulisan. Mungkin garis besar yang saya dapat/terima dari mbak Lygia berbeda dengan teman-teman lainnya. Tentang penulisan blog, kalau bisa menjadi blogger yang mengelola blognya dengan baik sehingga semakin lama semakin berkualitas dan bisa dilirik oleh sponsor. Caranya dengan menulis dan memosting artikel ke dalam blog secara rutin. Kalau bisa blog yang kita miliki memiliki domain pribadi (nah itu sebetulnya yang saya mau).
Mengikuti lomba penulisan, mereview buku, menulis artikel, lebih-lebih membuka peluang jasa penulisan artikel (yang ini pasti ujung-ujungnya duwit), itu sarannya mbak Lygia. Kalau ketemu teman-teman penulis jadi ikutan matre, karena terus semangat menulis meningkat tajam. Lalu ingin segera menuangkan ide, kirim naskah/artikel, nunggu surat cinta, menunggu wesel atau rekening gemuk. Waduh, jadi lupa kalau saya adalah seorang ibu yang harus menyediakan makan buat anak-anak dan menyiapkan kebutuhan keluarga.
Gambar 3. Silaturahmi membawa berkah
dok.pri
Tentang blog saya yang masih sederhana, mbak Lygia memberikan beberapa masukan. Wow, kemarin saya baru memraktekkan ilmu baru setelah berkunjung ke blog seorang blogger. Ternyata di sini juga mendapatkan ilmu tentang mempermanis blog (dulu pernah disampaikan mbak Ety).
Kalau sudah memiliki domain pribadi, maka kita bisa mendapatkan banyak keuntungan dari mengelola blog. Mbak Lygia memberi contoh bagi pelaku bisnis online (jualan atau memberikan jasa), bila blog kita menggunakan domain pribadi diharapkan tiap orang yang menuliskan sesuatu yang dicari maka blog kita langsung terlacak. Harapan kita akan segera ada transaksi (nah, duwit lagi ujung-ujungnya).
Untuk IIDN Solo juga diberi masukan agar memiliki web dan bisa membuka jasa penulisan artikel. Semua dikelola oleh anggota IIDN Solo. Sepertinya ini nilai plus. Yang tak kalah penting IIDN Solo sebaiknya mempunyai alamat kantor (tidak berlebihan lo, kantor di sini bisa menggunakan alamat salah satu anggota IIDN). Lebih baik lagi kalau memiliki kartu nama IIDN Solo. (Setuju-setuju)
Mbak Hana pamit duluan karena akan bekerja. Setelah mbak Hana pergi, datanglah mbak Fafa. Semakin lama semakin asyik, tapi hari semakin gelap menuju malam. Udara dingin, hujan tak kunjung reda. Sebenarnya saya ingin mengikuti acara kopdar ini sampai selesai, tapi waktu menunjukkan pukul 17.20 WIB.   Saya harus menjemput si thole yang masih di penitipan lalu menjemput si dhenok yang les. Dengan berat hati saya dan suami pamit.
Perjalanan pulang menuju Karanganyar hujan tak juga reda. Sampai di penitipan si  thole menyambut dengan suka cita. Sebagai ucapan terima kasih karena tidak rewel, thole saya belikan nasgor kesukaannya. Dilanjut jemput kakak. Alhamdulillah, sampai di rumah semua selamat dan sehat.
Semoga kopdar hari ini banyak memberi manfaat dan penuh keberkahan, amin.