Rabu, 08 Juni 2016

[Vonis Mioma] Gowesser Tangguh, Enerjik Dan Dinamis

Semangat Noer Chasanah
dok.Noer Chasanah
Perempuan tangguh, enerjik dan dinamis ini tidak asing bagi saya. Bahkan selama saya belum menikah, saya bersamanya. Dia tak lain adalah kakak perempuan saya, anak kedua. Mungkin di komunitas Gowes, dia tak asing lagi. Namanya Noer Chasanah dan kami memanggilnya dengan sebutan mbak Anna. Mbak Anna bekerja di UGM.

Di dalam keluarga, mbak Anna adalah pahlawan bagi kami. Tapi kali ini saya akan menceritakan tentang dia dan vonis mioma yang sangat mengagetkan kami, waktu itu tahun 2007.

Kado Ulang Tahun Mengejutkan

Setiap karyawan/karyawati UGM (tempat dia bekerja) bila ulang tahun mendapatkan kado dari kantor berupa cek kesehatan gratis. Untuk karyawati ditambah USG. Pada saat ulang tahun keempat puluh tersebut (Maret 2007), kado itu sungguh mengagetkannya. Hasil USG, ada benjolan di perutnya. Selanjutnya mbak Anna menjalani pemeriksaan lebih detail. Periksa ke dokter obsgyn 3D ada 3 myome 14 cm, 11 cm dan 7 cm.  Akhirnya di ketahui ada mioma dan harus diambil.

Sebenarnya mbak Anna tidak pernah mengeluh karena memang tidak merasa sakit. Dia merasa sehat-sehat saja fisiknya. Konon katanya mioma bisa dirasakan gejalanya bila sedang datang bulan perut terasa sakit (kram). Memang, kelima anak perempuan Ibu bila sedang datang bulan/menstruasi perutnya sakit. Bahkan saya juga sampai keluar keringat dingin. Tapi untuk saya, Alhamdulillah, sebelum menikah sampai sekarang tak lagi merasakan sakit perut kala menstruasi. Setelah berkonsultasi dengan dokter, akhirnya mbak Anna memutuskan untuk operasi pengambilan mioma.

Permintaan Terakhir Pada Bapak Sebelum Operasi

Mbak Anna sudah lama ingin Bapak naik haji. Dia akan membiayai semuanya. Akan tetapi Bapak selalu menolak. Bapak mengatakan biarlah anak-anaknya yang masih muda yang pergi haji. Bapak sudah tua, Bapak ingin melihat anak-anaknya bisa menunaikan ibadah haji semua.

Mbak Anna bilang sebelum dia operasi, dia ingin Bapak memenuhi permintaannya. Bapak kaget, karena selama ini mbak Anna tidak sakit dan kelihatan sehat-sehat saja. Setelah mbak Anna menceritakan hasil pemeriksaan, barulah Bapak mau memenuhi permintaan terakhir mbak Anna untuk menunaikan ibadah haji.

Mbak Anna yang menguruskan administrasinya. Sebenarnya tahun itu juga Bapak bisa berangkat naik haji, tapi Bapak menunda berangkat tahun berikutnya (2008).
Akhirnya pada bulan April 2007, operasi pengambilan mioma dilakukan. Hasil Patologi tak ada indikasi keganasan.

Gowesser Tangguh, Enerjik Dan Dinamis
Setelah menjalani operasi mioma, Alhamdulillah semuanya berjalan normal kembali. Mbak Anna bisa beraktivitas, bekerja seperti sedia kala. Bahkan sekarang mbak Anna memiliki hobi bersepeda keliling kota. Dia memang perempuan yang tangguh, enerjik dan dinamis. Orangnya memang tak bisa tinggal diam.
Gowes Surabaya-Denpasar
dok.Adityo Hidayat
Beberapa gowes yang dilakukan bersama komunitas Gowesnya antara lain: Gowes Merdeka keliling Merapi pada 2015, Gowes keliling Merapi Merbabu, Gowes Yogyakarta-Karanganyar, Gowes Dies Natalis UGM Malang-Yogyakarta, Gowes Banyuwangi Singaraja Denpasar, Gowes Sarangan- Cemoro Sewu, Tawangmangu, Karanganyar (April 2016). Sebenarnya gowes yang sudah dilakukan lebih banyak dan tak bisa saya sebut satu per satu. 

Ya, semoga tetap sehat meskipun dahulu pernah sakit. Tetap semangat bersama orang-orang yang mencintainya, keluarga dan sahabat-sahabatnya.


Karanganyar, 8 Juni 2016