Sabtu, 27 Agustus 2016

Siswa dan Alumni Yang Selalu Menginspirasi

Ini sukunku
dok.pri
Siswa dan Alumni Yang Selalu Menginspirasi
Beberapa waktu yang lalu, saya dikirimi pesan oleh lulusan sekolah tempat saya mengajar. Katanya dia mau bersilaturahmi ke rumah. Saya mempersilakan hari Sabtu untuk datang. Kebetulan hari Sabtu saya ada janjian dengan siswa kelas XI, XII di rumah.
Sudah lama rumah tak dikunjungi siswa saya maupun siswanya suami. Jadi, hari Sabtu ini sangat pas kedatangan tamu dari 3 angkatan. Semoga pertemuan dengan siswa-siswa dan alumni membawa berkah, amin.
Tiga orang alumni datang lebih dahulu, sekitar jam 10.00 WIB. Dua orang dari ketiganya memakai setelan hitam putih. Rupanya mereka pulang dari tes wawancara. Sedang yang satu libur kerja. Seperti biasa, mereka makan nasi dengan lauk seadanya. Setelah itu kami terlibat dalam obrolan yang menarik. Pembicaraan kami seputar pekerjaan.
Setelah azan Dhuhur, anak-anak kelas XI dan XII datang. Ada sekitar 10 orang. Jadi, hari ini tamu saya 13 orang. Sama dengan kakak kelasnya, siswa-siswa saya yang datang ini tanpa sungkan segera menyantap yang saya hidangkan.
Saya sangat bersyukur, dari mereka saya banyak belajar. Belajar sabar dan berbagi. Tidak sia-sia saya menggoreng tempe dan membuat sambal kecap yang hohah. Celoteh mereka, gelak canda, tawa mereka, membuat saya ikut bahagia. Bahagia saya sederhana, cukup dengan hiburan kedatangan anak-anak, siswa-siswi saya.
Dari mereka keluar cerita tentang kehidupannya, keluarganya, pergaulannya, cita-cita, masa depan dan banyak hal. Semoga kelak mereka menjadi orang yang sukses dan tetap sholeh dan sholehah. Dan ketika rezeki sudah mereka dapat, tidak lupa untuk menyisihkan buat orang tuanya.
Setelah cukup waktu bersilaturahmi, mereka mohon diri dan pulang. Ada satu hal yang menjadi perhatian saya, yaitu tentang sukun. Salah satu dari siswa saya berhasil mendapatkan 2 buah sukun. Sukun yang sudah matang, semoga barokah ya mbak. Meskipun pohon sukun berbuah banyak, tapi saya jarang menikmati. Biasanya ada tetangga atau teman yang menginginkan. Bagi kami tak masalah.

Karanganyar, 27 Agustus 2016