Minggu, 02 Oktober 2016

Menulislah Catatan Harian | Kahfi Noer

Noer Ima Kaltsum : Menulislah Catatan Harian
Bertemu dengan orang yang baru saya kenal (teman guru) lantas berbincang-bincang. Tentu saja bahan obrolan yang ringan-ringan seputar keseharian saja. Dan jurusan saya adalah mlipir menanyakan suka menulis atau tidak. Sebagian jawabannya adalah “maaf saya tidak ada waktu untuk menulis”. Dalam hati saya kagum pada orang yang demikian. Dia tidak ada waktu untuk menulis karena kesibukannya.
Saya tidak mendesak lalu memaksa dia untuk menulis. Membujuk atau memotivasi untuk mulai menulis juga tidak. Saya takut nanti dibilang “nggriseni” alias mengganggu.
Lebih baik saya konsentrasi untuk kembali pada komitmen awal, yaitu ingin menulis setiap hari. Agar tulisan saya lebih berkualitas. Dan berharap tulisan saya lolos seleksi oleh Redaktur dan layak muat di media. Saya akan sangaat bahagia. Sebahagia ketika pertama kali tulisan dimuat di media.
Saya sering mengamati beberapa sahabat guru yang bergantian membaca Koran lokal. Saya membatin masih mending tidak suka menulis tapi masih suka membaca. Bandingkan saja, di sekolah ada yang tak mau menulis dan tak suka membaca. Menurut saya, sangat rugi melewatkan waktu begitu saja tanpa tambahan pengetahuan.
Sebenarnya menulis itu asyik, bisa mendatangkan rupiah dan siap-siap pundi-pundi menggelembung. Selain menulis bisa mendapatkan materi, menulis juga merupakan terapi. Terapi untuk  hati yang luka.
Menulis yang asyik adalah menulis yang menyenangkan setidaknya membuat kita senang. Dengan menulis beban yang berat menjadi ringan. Kadang-kadang di saat kita memiliki masalah, dengan menulis ternyata kita mendapatkan solusi tanpa bantuan orang lain.
Oleh sebab itu jangan sepelekan kegiatan menyenangkan ini. Bagi Ibu-ibu, jangan tinggalkan kegiatan menulis ini. Paling tidak menulis atau membuat catatan uang keluar masuk, catatan belanja, catatan tagihan-tagihan dan catatan agenda nyumbang orang mantu (eh jadi ngelantur). Pokoknya membuat catatan kecil. Catatan kecil tersebut Insya Allah bermanfaat.
Karanganyar, 2 Oktober 2016