Senin, 24 Juli 2017

Saatnya Mempengaruhi Siswa Baru Untuk Menulis



Hari ini adalah hari pertama kali saya mengajar secara efektif. Kebetulan jam kedua sampai jam keempat saya mengajar di kelas X. kesempatan mengisi waktu secara penuh tidak saya sia-siakan.

Biasanya awal pertemuan, setelah perkenalan saya akan mengajak siswa, memprovokasi untuk menulis. Mumpung masih muda, mumpung masih bisa dipengaruhi, maka saya pengaruhi dengan hal yang positif.

Biasanya siswa memiliki akun FB. Boleh-boleh saja memiliki akun lalu menulis status di FB, tapi usahakan untuk menulis status yang bermanfaat. Untuk siswa semua jurusan, sebaiknya memiliki blog. Tujuannya adalah selain belajar ilmu pengetahuan, pelajaran sekolah, dengan menulis blog, siswa dapat menyampaikan ilmu yang sudah didapat secara luas.

Untuk jurusan TKR, bisa saja memosting tulisan atau gambar tentang dunia otomotif. Bagi yang jurusan pemesinan silakan menulis tentang las, gerinda, membubut, frais, dan lain-lain. Nah, untuk yang jurusan multimedia, bisa memosting tulisan atau gambar tentang kegiatan sehari-hari yang sudah direkam. Semua tulisan yang sudah diposting, pasti bermanfaat bagi pembacanya.

Oleh karena saya memotivasi dan mempengaruhi siswa untuk menulis, maka saya juga memberi contoh. Pengalaman menulis saya sudah saya ceritakan. Dengan demikian, saya bukan hanya menyuruh siswa untuk menulis, melainkan saya memberi contoh lebih dahulu.

Kegiatan menulis bagi siswa sangat penting. Kelak di kelas XI, setelah mengikuti atau menjalani program Pendidikan Sistem Ganda atau Praktek Kerja Lapangan, siswa dapat menyusun laporan dengan mudah.

Jadi. Menulis itu pelu untuk siswa dan guru. Setiap guru harus menulis administrasi sekolah. Administrasi ini dilengkapi dengan bahan/materi pelajaran. Kadang-kadang materi pelajaran harus kita tulis dengan cara mencari sumber selain buku pelajaran. Hal ini dimaksudkan untuk meemperjelas materi yang akan disampaikan.

Dari sekian siswa, biasanya ada yang tertarik untuk menulis. Mereka tertarik untuk menuliskan pengalamannya di blog. Akan tetapi karena kurang pengetahuannya, jadi mereka ragu untuk memulai menulis.

Wahai siswa baru, menulislah mulai sekarang. Percayalah, manfaat menulis akan kamu rasakan kelak di kemudian hari. Jangan lupa tetap semangat belajar dan berkarya. Percayalah, anak SMK bisa!


Karanganyar, 24 Juli 2017