Jumat, 08 September 2017

Jual Emas di Pegadaian


Memiliki sejumlah tabungan, tapi pada waktu yang sama memiliki sejumlah utang. Sebaiknya, utang segera dibayar dengan cara mengambil tabungan yang dimiliki. Kalau kebetulan yang dimiliki adalah tabungan berupa emas, maka emas tersebut dijual. Uang hasil penjualan untuk membayar utang. Jadi, meskipun tak memiliki tabungan tapi hati tenang karena tak punya utang.
Saya memiliki tabungan emas di pegadaian. Di pegadaian bisa menabung emas, tapi sengaja saya tidak mencetak fisik emasnya. Oleh karena saya memiliki utang, maka saya ingin segera melunasi utang tersebut dengan cara menjual emas yang saya miliki.
Harga beli dan harga jual emas sedikit berbeda. Saya ingin menjual emas tapi jangan sampai mengalami kerugian yang besar. Beberapa waktu yang lalu, saya memantau harga jual beli emas murni 24 karat di pegadaian. Saya harus memantau harga jual beli emas sewaktu-waktu. Harga jual beli emas, bisa berbeda tiap saat.
Setelah melalui banyak pertimbangan, akhirnya saya menjual emas untuk menutup utang yang bunganya lumayan besar.  Oleh karena saya membutuhkan uang yang banyak, maka emas yang saya jual juga banyak. Kebetulan untuk saat ini harga beli (atau saya menjual) relative tinggi. Setelah dihitung-hitung, saya beruntung.
Setelah bertransaksi sebentar saja, uang saya cair dan saya kembali ke sekolah lagi untuk mengajar. Alhamdulillah, sejumlah uang sudah bisa saya gunakan untuk menutup utang. Selamat berpisah utang, jangan bebani saya dengan bungamu.
Akhirnya saya bernafas lega, bersyukur. Alhamdulillah, LUNAS!
Karanganyar, 8 September 2017