Rabu, 13 September 2017

Kurangi Penggunaan Gadget Perbanyak Baca Koran

Kurangi Penggunaan Gadget Perbanyak Baca Koran

Tulisan ini semata-mata pengalaman pribadi yang dipakai untuk mengoreksi diri dan keluarga. Tulisan ini bukan ditujukan kepada orang lain di luar keluarga. Seandainya tulisan ini pas dan mengena pada orang lain, hal itu semata-mata kebetulan saja.

Saya dan keluarga mengenal gadget sudah sekitar tiga tahunan. Sebelumnya, aktifitas di dunia maya, saya lakukan melalui laptop dan computer dihubungkan oleh jaringan internet. Kemajuan teknologi berpengaruh pada aktifitas sehari-hari kami.

Alhamdulillah, saya dan keluarga tidak sampai kecanduan menggunakan gadget. Gadget kami gunakan seperlunya saja, terutama untuk menunjang pekerjaan. Seandainya ada aktifitas yang sifatnya suka-suka, saya akan membatasi diri.

Sisi negatif gadget adalah membuat pemiliknya tidak mau melepas benda ajaib ini. Mungkin, awalnya kami juga agak “ndesa”. Awal-awal memiliki gadget kami sering buka-buka gadget padahal tidak ada sesuatu yang berhubungan dengan kami. Penasaran dengan info terbaru dari FB atau WA, kami sering buka tutup gadget.

Kadang-kadang, pasangan dan anak-anak tidak diperhatikan dan lebih memilih sibuk dengan menyentuh layar. Meskipun penggunaan gadget di rumah masih dalam taraf wajar, saya memiliki inisiatif untuk mengurangi pegang gadget. Caranya adalah saya membeli Koran secara eceran tiap hari. Benar saja, penggunaan gadget bisa kita kurangi.

Banyak yang kami peroleh dari membaca Koran. Pengetahuan dan wawasan kita bertambah, dan kami lebih banyak berkomunikasi secara lisan. Dengan membaca Koran, kami bisa leluasa mengulang membaca berita yang kami anggap menarik dan penting.

Selain di rumah, di kantor juga demikian. Dengan membaca Koran, saya dan teman-teman tidak sibuk dengan gadget masing-masing. Kami bisa membicarakan berita yang hangat. Misalnya tentang kelangkaan gas melon, mahalnya beras, kekeringan, obyek wisata di sekitar Kabupaten Karanganyar, kuliner dan lain-lain.

Saya berharap keadaan kami di rumah maupun di kantor bisa kembali seperti dulu lagi. Dulu, tanpa gadget, kami bisa berbincang-bincang dan selalu berinteraksi secara langsung di dunia nyata. Setelah ada gadget, komunikasi secara langsung terganggu. Kesibukan kami dengan teman dunia maya sangat menyita waktu.

Untuk itu, kiranya mulai sekarang saya dan keluarga perlu untuk mengurangi penggunaan gadget lalu memperbanyak membaca Koran, buku, majalah dan lain-lain. Dunia ini akan penuh warna bila kita mengisinya dengan kegiatan membaca. Banyak hal yang bisa kit abaca. Bukan hanya literasi, membaca bisa juga kita lakukan dengan cara membaca alam.


Karanganyar, 13 September 2017