Rabu, 15 November 2017

CARA MEMBASMI TIKUS YANG AMAN


Rumah yang berada di sekitar sawah, sering kemasukan tikus-tikus dari sawah. Kalau di dalam rumah terdapat cukup pangan, sudah pasti tikus akan kerasan tinggal di rumah itu. Saking kerasannya, tikus akan beranak-pinak dan berkembang dengan cepat.
Tikus sangat mengganggu kesehatan. Urin, kotoran, juga bangkainya tidak baik bagi kesehatan tubuh kita. Banyak kasus yang diakibatkan oleh urin dan kotoran tikus. Selain itu, tikus juga merupakan musuh kita karena suka mengerat alias ngrikiti apa saja yang sekiranya mampu untuk dirusak. Selain kayu, pakaian adalah barang yang diincar tikus. Pada setiap rumah yang terlanjur kemasukan tikus, maka  pernah mengalami pakaian terkoyak-koyak karena tikus.
Orang akan melakukan segala cara untuk mengusir/menangkap hidup-hidup atau membunuh tikus. Menangkap tikus bisa dilakukan dengan kawat jebakan, lem tikus, atau dengan alat jebakan lainnya. Kalau ingin menangkap dalam kondisi mati, biasanya tikus diracun.
Apabila tikus yang diracun ini mati dan segera ketahuan, mungkin tidak menimbulkan masalah bau. Akan tetapi kalau tikus yang mati ini tidak ketahuan, maka aroma bangkai akan tercium.
Beberapa waktu yang lalu, suami membeli racun tikus. Di rumah kami yang berada di tengah sawah, populasi tikus yang banyak, sangat mengkhawatirkan. Sebenarnya banyak cara yang sudah kami tempuh. Akan tetapi hasilnya belum maksimal.
Racun tikus yang digunakan oleh suami adalah mereknya adalah Mao Wang dalam kemasan plastic warna hijau. Racun ini berupa beras yang sudah diberi racun berwarna pink. Butiran beras yang tidak banyak ini, ditaruh di tempat yang biasa untuk lewat/bermain tikus (dapur). Ada 6 titik di dapur yang diberi racun tikus beras pink ini. Pada saat melakukan aksi menaruh racun, kami berusaha untuk menutup pintu dapur. Agar tikus tidak bebas keluar masuk pintu dapu menuju ruang tengah.
Selama tiga hari, kami mendapatkan tikus dalam kondisi mati sebanyak 12 ekor. Semua ditemukan di dapur. Tiga di antaranya sudah tercium bau tak sedap. Ukuran tikus yang mati ada yang besar, menengah dan kecil. Setelah hari ketiga itu, tikus tak kelihatan lagi menggoda kami. Mungkin tikus-tikusnya sudah habis. Atau yang lain meninggalkan rumah kami karena dirasa tidak aman lagi.
Dengan demikian, kami bisa bernafas lega dan mengucap bye bye tikus. O ya, oleh karena sangat berbahaya, maka racun tikus ini dipastikan jauh dari jangkauan anak-anak. Simpan racun ini di tempat yang aman. Anak-anak tidak boleh memegang kemasan secara langsung, baik tertutup maupun terbuka.