Jumat, 12 Januari 2018

SANKSI BIKIN GALAU BAGI SISWA TERLAMBAT KE SEKOLAH

noerimakaltsum.comSiswa terlambat masuk sekolah, sepertinya bukan karena alasan yang masuk akal. Mereka memang sengaja terlambat masuk sekolah. Dalam hati mereka membatin, paling-paling hukumannya ringan.

Paling-paling kalau terlambat masuk hanya disuruh push up, lari mengitari lapangan basket, menyapu, menyiram tanaman dan pekerjaan ringan lainnya. Tapi jangan merasa sudah aman dan bebas kalau sudah diberi sanksi saat masuk gerbang. Kalau masuk kelas, biasanya guru yang mengajar pada jam pertama juga akan memberi sanksi.

Saya paling suka memberi sanksi siswa terlambat dengan menyuruhnya menyanyikan lagu Indonesia Raya atau menghafalkan sila-sila Pancasila. Mereka yang diberi sanksi akan protes dan menggerutu. Yang protes-protes gitu, biasanya tidak hafal teks Pancasila dan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya.

Bagi yang tidak hafal Lagu Indonesia Raya atau Pancasila pasti akan merasa galau. Saya tidak menyerah begitu saja, siswa saya paksa harus mau. mosok Indonesia Raya saja tidak hafal? Mulane ojo nelat-nelat bro. Isih mending mung maca Pancasila, kalau saya suruh melakukan SKJ tahun 1988, apakah kamu tidak tambah galau.

Agar tidak dihukum, ya datangnya lebih baik ya Bro. Tenan looooo!

Karanganyar, 12 Januari 2018