Minggu, 21 Januari 2018

ULANG TAHUN KEEMPAT IIDN SOLO (2013-2017)

Juara Tembus Media
dok.IIDN Solo

Hujan turun dengan deras ketika kami sudah bersiap-siap menuju tempat berlangsungnya upacara pemotongan tumpeng. Kenapa kami? Bukankah dari rumah saya berangkat sendiri? Ya, iya dong, kan di Solo Raya kompak hujan. Maka teman-teman juga belum bisa berangkat kalau hujan deras. Namanya juga Januari, hujan sehari-hari. Pagi, siang, sore, malam kembali ke pagi hari kalau hujan turun, ya wajar kan?

Upacara pemotongan tumpeng dalam rangka memperingati hari ulang tahun IIDN Solo keempat. IIDN Solo resmi mengadakan Kopdar I pada tanggal 25 Desember 2013. Seharusnya, Desember 2017 kemarin, kami mau merayakan HUT IIDN Solo, tapi karena kesibukan kami, kopdar belum dapat dilaksanakan. Akhirnya, hari ini, Ahad, 21 Januari 2018 baru bisa terlaksana.

Anggota Berprestasi
dok.IIDN Solo
Bismillah, kami dari rumah masing-masing anggota IIDN Solo berdoa semoga hujan lekas reda. Dan, jreng-jreng, hujan benar-benar reda. Oh, ya, hari ini dresscode-nya pinky-pinky. Oleh karena saya tidak memiliki baju warna pink, akhirnya si Dhenok anak saya meminjamkan kemeja kotak-kotak beserta kerudungnya. Ahai, saya jadi kelihatan lebih muda dari aslinya. Saya diantar suami menuju rumah bu Hida di selatan Papahan. Alhamdulillah, rezeki Ibu sholehah dapat nunut duduk manis sampai tempat tujuan. Tak lupa kami menuju rumah Bu Astuti. Bu Astuti (daerah Sumber) mendapat tugas membawa/pesan tumpeng dengan uba rampenya.

Tumpengan
dok.IIDN Solo

Sampailah kami di TKP, Rumah Joglo (penanggung jawabnya bu Tri Hardiningtyas) di Makam Haji. Sambil menunggu anggota yang belum datang, kami menyiapkan konsumsi termasuk menyiapkan piring, sendok, daun pisang, kudapan dan minuman.

Pemotongan Tumpeng
dok.IIDN Solo
Acara tetap dimulai meskipun anggota yang datang belum lengkap. Ketika acara berlangsung, datang beberapa teman. Bagi yang terlambat alasannya karena hujan.
Acara :
1.    Pembukaan dengan bacaan Basmallah
2.    Sambutan tuan rumah oleh Ibu Tri Hardiningtyas
3.    Sambutan Ketua IIDN Solo
4.    Pemotongan tumpeng, acara santai
5.    Pengumuman pemenang lomba menulis
6.    Lain-lain
7.    Penutup dengan berdoa
Kok ada lomba menulis, itu lombanya macam apa sih? IIDN Solo, dalam rangka memperingati HUT mengadakan lomba. Lombanya adalah tembus media dan berprestasi. Untuk lomba tembus media yang dimaksud di sini adalah setiap anggota IIDN Solo yang naskahnya dimuat di media, maka akan mendapatkan poin.

Ternyata oh ternyata, lomba tembus media ini sangat efektif untuk memberi semangat menulis dan kirim ke media. Buktinya, masya Allah, beberapa anggota dalam waktu yang berdekatan bisa tembus media di Solopos. Tulisan apakah itu? Hehe, JON KOPLO. Ternyata, Ibu-ibu yang awalnya bilang tidak bisa menulis humor malah bisa tembus media. Alhamdulillah, berkat Rubrik Ah Tenane (SOLOPOS), anggota IIDN Solo bisa mengukir namanya di Koran. Selamat! Siapa sih kompornya (yang ngompori)? Jangan heran, penulisnya ini lo kompornya. (Owalahhh, pantas saja). Tak hanya cerita humor lo. Cerpen atau artikel apa saja yang bisa tembus media juga mendapatkan poin.

Nah, untuk anggota yang berprestasi, prestasi yang dimaksud adalah menerbitkan buku (baik individu maupun antologi), menang lomba blog, menang lomba karya tulis dan lain-lain.

Meskipun hadiah yang disampaikan kepada para pemenang tidak begitu besar nominalnya, tapi rasanya tetap senang dan menambah semangat. Lantas hadiah tersebut dari mana sumbernya? Hadiah-hadiah tersebut sumbernya dari iuran-iuran kami tiap kopdar.
Selamat Ulang Tahun IIDN Solo
dok.IIDN Solo
IIDN Solo, bagi saya adalah wadah yang banyak memberikan manfaat. Saya sangat berterima kasih kepada IIDN. IIDN telah membuat saya lebih banyak berkarya, dikenal orang dan tentu menambah penghasilan. Saya berharap, di masa yang akan datang, banyak perempuan (Ibu-ibu dan remaja) yang bergabung di IIDN. Bargabung di komunitas ini tidak ada ruginya. Mereka yang sudah bergabung di IIDN Solo mengaku lebih produktif dalam berkarya.

Selamat ulang tahun IIDN Solo. Tahun keempat ini, semoga IIDN Solo semakin berprestasi, amin. Terima kasih IIDN Pusat yang banyak memberikan dukungan moril.


Karanganyar, 21 Januari 2018